10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Pasti Ampuh!

Apa kabar para bunda? Apakah sedang ruwet menghadapi sang buah hati yang mogok makan? Pasti lelah ya bund, merencanakan menu, membujuk bahkan mengancam anak agar mau makan. Sebelum mencoba berbagai cara mengatasi anak susah makan ketahui dahulu akar masalahnya.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Kembali Nafsu Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Tahu kan bunda kalau orang dewasa saja bisa malas makan. Nah, anak kita juga sama saja. Anak bisa sedang tumbuh gigi, sakit atau bosan dengan menu yang itu-itu saja. Jadi, hadapi masalah anak tidak berselera makan sesuai sebabnya.

Lantas, lakukan trik mudah berikut sebagai solusinya. Mudah kan? Dicoba dulu ya bunda, semoga beberapa cara mengatasi anak susah makan berikut ada yang cocok diterapkan dengan sang buah hati.

1. Kombinasi Makanan

Anak-anak cenderung mendahulukan yang enak daripada yang penting. Jadi nutrisi adalah hal terakhir dalam pikirannya. Bisa saja anak sedang suka dengan hamburger dan ayam goreng serta menolak makanan lainnya. Nah, bunda harus pintar-pintar mengatur penyajiannya. Bisa dibarengi dengan sayuran atau memberikan hamburger dengan sayuran lebih banyak sebagai topping. Pikirkan gizi seimbang saat membuat masakan bagi anak tersayang.

2. Penyajian Mengundang Selera

Tahu kan bun, kita makan dengan mata sebelum dengan indra lainnya. So, kalau penyajian atraktif tentu bisa menambah nafsu makan. Jangan samakan anak-anak dengan dewasa ya bun. Gunakan imajinasimu kala menyajikan makanan. Bunda bisa membentuk piring dengan tokoh kartu kesukaan sang buah hati atau penataan mirip bunga dan kreasi lainnya. Ada banyak loh ide kreatif penyajian yang bisa dilihat secara online.

3. Penyajian Sayuran yang Kreatif

Nah, ini adalah masalah klasik bagi anak-anak. Konotasi sayur-mayur adalah tanpa rasa bahkan ada yang terasa pahit bila kurang bisa mengolahnya. Lantas, orangtua harus lebih memperhatikan penyajian sayuran agar lebih menggoda. Kan, sayur tidak mulu harus berkuah atau dalam potongan besar. Cincang halus atau potong dadu untuk menyamarkan bentuk aslinya. Jadi anak tidak merasa dirinya sedang makan sayuran.

4. Variasi Menu

Apakah Bunda sering enggan memvariasikan makanan sang buah hati karena takut tidak akan dimakan? Nah, itulah yang buat anak bisa malas makan. Anak sewaktu-waktu akan semangat makan satu jenis makanan saja, tapi bisa juga ia bosan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Tenang bun, siasati makanan lain sebagai cemilan atau opsi lain. Jadi Bunda tetap menyediakan menu kesukaannya namun tetap membarengi menu lainnya. So, anak akan terbiasa melihat berbagai macam menu dan bebas mencicipinya.

5. Tidak Menghindari Menu Cepat Saji

Kala bosan masak mungkin Bunda pernah menyajikan santapan cepat saji. Hati-hati ya Bunda, bila terlalu sering nanti sang buah hati justru jadi malas makan menu lain. Memang menyantap kentang goreng, ayam goreng, hamburger, pizza sesekali sah-sah saja.

Melarang berlebihan justru akan buruk nantinya, jadi coba buat menu cepat saji sendiri, pasti lebih sehat dibandingkan beli. Walau tidak kreatif kan Bunda bisa meniru resep cepat saji secara online yang sehat tapi tetap menggugah selera.

6. Memberikan Contoh

Bagaimana anak bisa lahap bila melihat bunda, ayah atau saudara lainnya juga malas makan. Perhatikan jadwal makan bersama dan kebiasaan di meja makan. Mungkin kamu makan sambil nonton TV, main HP atau tidak makan bersamaan. Anak akan menantikan saat makan bila dibuat sebagai kegiatan rutin keluarga. Ingat loh Bund, anak mencontoh orang tuanya.

7. Makan di Luar

Tidak ada salahnya untuk sesekali makan di luar. Tidak harus menunggu hari khusus atau saat Bunda sibuk dan malas masak. Anak bisa nafsu makan dengan suasana dan menu yang belum pernah dicoba sebelumnya. Berikan pengalaman wisata kuliner agar wawasan tentang makanan sang buah hati jadi lebih beragam. Seru kan?


Bagaimana Bunda? Apakah dapat inspirasi mau masak apa hari ini? Bunda bisa coba beberapa cara mengatasi anak susah makan dengan berbicara dengan si kecil dan terapkan beberapa tips yang sudah dibahas di atas. Jangan patah semangat kalau anak tidak langsung berubah jadi lebih nafsu makan. Lakukan berlahan, bertahap dan tambah dengan vitamin untuk tambahan asupan nutrisinya.

Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Social Distancing #Dirumahaja

Selama masa darurat virus Corona yang juga sangat berdampak pada Indonesia pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan social distancing. Social distancing ini sebenarnya bukan sekedar suruhan tapi kesadaran diri orang-orang agar mencegah virus mematikan ini semakin menyebar. Selama social distancing ramai muncul tagar #dirumahaja yang artinya setiap orang hendaknya mengurangi sedemikian rupa kegiatan diluar rumah.

Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Social Distancing #Dirumahaja


Wah tentu hal tersebut membosankan dong ya. Faktanya ada banyak sekali hal-hal positif yang bisa dilakukan selama social distancing berlangsung. Misalnya saja olahraga, kegiatan yang biasanya jarang dilakukan karena tidak sempat terlalu banyak rutinitas harian. Ada banyak macam-macam olahraga yang bisa dilakukan dirumah selama social distancing. Walaupun kamu dirumah aja olahraga harus tetep dong, simak berikut ini.

1. Aerobik

Jika selama ini kamu melakukan senam aerobik bersama dengan grup senam. Untuk masa social distancing seperti sekarang ini kamu tetap bisa melakukan aerobik sendirian di rumah. lakukan gerakan senam aerobik yang menurut kamu paling gampang dan nyaman dengan bantuan musik ataupun video senam yang bisa kamu tonton dari  YouTube.

2. Olahraga Kardio 

Olahraga yang bisa dilakukan selama social distancing berikutnya adalah kardio. Olahraga ini umumnya dilakukan untuk menurunkan berat badan, namun fungsi lain dari olahraga kardio adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga melindungi jantung dari berbagai gangguan.

Kamu sangat bisa melakukan olahraga kardio  tanpa memerlukan bantuan peralatan jadi sangat cocok dilakukan di rumah. Beberapa gerakan kardio yang bisa dilakukan misalnya High Knees, Burpee, dan push up.

3. Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga yang sangat simpel dan bisa dilakukan dimana saja baik di dalam ruangan maupun di luar. Kamu bisa melakukan olahraga ini selama 10 sampai 20 menit untuk membakar kalori dan juga peregangan otot. olahraga ini bisa dilakukan setiap hari atau 1 minggu 3 kali tergantung keinginan kamu.

4. Yoga 

Olahraga yang bisa dilakukan selama social distancing adalah yoga. Jika hawatir jangan melakukan gerakan yoga yang rumit karena tidak ada pelatih yang mengawasi. Pilih saja gerakan-gerakan yang nyaman dan mudah dilakukan sendirian di rumah.

Kamu bisa mencoba gerakan tree pose, mountain pose, dan juga cat cow. Yoga tidak hanya sebagai olahraga untuk menunjang kesehatan badan tapi juga kesehatan mental.

Demikian beberapa olahraga yang bisa dilakukan selama social distancing sehingga anda teta sehat. Kegiatan olahraga yang dilakukan juga menjadi salah satu rutinitas, agar tidak bosan di rumah karena tidak melakukan hal apapun. Kamu bisa memilih melakukan olahraga pada pagi hari atau sore hari. Selamat mencoba!

Cara Memilih Makanan Kucing Anggora yang Tepat untuk Peliharaan Kesayangan

Apakah kamu baru saja memelihara kucing anggora dan bingung memilih makanan yang tepat? Sebagai cat lovers, kamu wajib tahu nih kalau pemilihan makanan kucing anggora itu ngga boleh sembarangan.

Makanan kucing anggora

Karena makanan yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi kesehatannya, termasuk organ cerna dan bulunya. Jika asal memilih makanan kucing anggora, bisa-bisa pupnya jadi encer dan bau loh. Bahkan bulu cantiknya bisa jadi rontok dan terlihat kumal.

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya perhatikan beberapa cara memilih makanan kucing yang tepat buat anggora milikmu.

Cara Memilih Makanan Kucing Anggora

Di bawah ini ada beberapa cara memilih makanan yang tepat untuk kucing anggoramu.

1. Memilih makanan kucing berdasarkan kandungan nutrisi di dalamnya

Poin penting yang tak boleh kamu lewatkan saat memilih makanan kucing anggora adalah kandungan nutrisinya. Nutrisi memegang peranan penting agar kesehatan kucing kesayanganmu tetap terjaga. Maka dari itu, pilihlah makanan khusus yang memiliki komposisi berikut ini.

  • Kandungan protein yang cukup minimal 25 persen
  • Asam arakidonat atau aracihidonic acid
  • Mengandung magnesium yang berkadar rendah
  • Rendah lemak
  • Memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup seperti thiamin, niachin, vitamin A dan vitamin B 12
  • Kandungan pH makanan yang rendah
  • Kalori seimbang

2. Memilih makanan berdasarkan faktor usia dan kondisi kucing

Cara yang kedua, yakni memilih makanan kucing anggora berdasarkan faktor usia dan keadaan. Kamu wajib banget nih memperhatikan berapa usia kucing kesayanganmu. Karena semakin berumur, kucingmu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak loh.

Selain itu, usia dan kondisi tubuh juga mempengaruhi selera makan kucing. Maka dari itu, sebelum memilih pakan kucing yang tepat sebaiknya perhatikan kebutuhan berikut.


  • Makanan untuk anak kucing anggora yang berusia di bawah 1 tahun

Perlu kamu tahu, bahwa anak kucing sudah bisa makan sejak usianya 3 hingga 4 minggu. Namun makanan yang diberikan pun juga tak sembarangan. Pasalnya, diusia tersebut anak kucing belum dapat mengonsumsi makanan kering cepat saji.

Maka dari itu, kamu perlu memilihkan makanan yang masih berupa cairan. Beri makanan tersebut dengan memakai pipet tetes, supaya anak kucing mampu menelan dan mencernanya.

Setelah lebih dari 2 minggu, baru nih kamu bisa melatihnya untuk pemberian makanan kering cepat saji. Caranya yakni tambahkan sedikit air pada makanan kucing siap saji. Tujuannya adalah untuk membuat makanan kering lebih lunak, sehingga anak kucing mampu menelannya. Jika sudah mampu memakannya, kamu ngga perlu lagi buat menyuapi anak kucing tersebut.


  • Makanan untuk kucing anggora dewasa dengan usia di atas 1 tahun

Jika kucing anggora kesayanganmu usianya sudah mencapai di atas 1 tahun, kamu bebas nih memilih makanan kering cepat saji. Meski begitu, pilihlah makanan yang mengandung tinggi kalori.

Apalagi diusia ini kucing anggora telah memiliki berat mencapai 4 - 5 kg. Sehingga tentu saja, kebutuhan makanan juga haruslah sesuai dengan berat tubuhnya. Dengan berat tersebut, kamu bisa memberikan makanan yang mengandung kurang lebih 300 kalori setiap hari.


  • Makanan untuk kucing dalam kondisi hamil atau menyusui

Tak hanya ibu hamil loh yang membutuhkan tambahan nutrisi saat hamil. Kucing pun juga perlu untuk menjaga kandungannya agar tetap sehat. Dengan takaran makanan yang lebih banyak, kucing anggoramu akan tetap bertenaga saat hamil ataupun menyusui. Sebaiknya, pilihlah makanan kucing anggora yang memiliki kandungan protein tinggi.

Pada kondisi hamil dan menyusui, kucing membutuhkan tambahan protein hingga 2 kali lipat dibandingkan kebutuhan biasanya. Pilihlah juga makanan yang mengandung tambahan vitamin saat kucing tengah menyusui. Jangan sampai kucingmu lemas harus menyusui anaknya, karena asupan nutrisi yang diberikan kurang.

3. Memilih makanan kucing dengan label balanced

Punya kucing anggora tapi asal memilih makanan meski kualitasnya meragukan? Eitss, sebaiknya hindari deh kebiasaan ini! Gantilah makanan kucing kesayanganmu dengan pakan yang punya label balanced.

Label pada kemasan ini, menjadi tanda bahwa pakan kucing telah sesuai standar untuk makanan kucing anggora. Jadi kamu ngga perlu khawatir lagi nih soal kualitas komposisi dan keseimbangan pakan kucing tersebut.

4. Memilih makanan khusus untuk kucing anggora

Terkadang, beberapa pemilik kucing yang masih awam memberikan pakan anjing loh untuk kucing anggora miliknya. Padahal, makanan ini bisa membahayakan kesehatan kucing anggora peliharaanmu.

Karena makanan anjing mengandung zat taurin yang dapat merusak retina mata kucing anggora. Tentu saja, efeknya bisa membuat kucing kehilangan penglihatannya. Bahkan pada kasus yang parah, zat taurin dapat menjadi menjadi penyebab kematian kucing. Hal ini dikarenakan efeknya yang merusak fungsi organ jantung kucing.

Itulah tadi 2 cara memilih makanan kucing anggora yang bisa kamu terapkan. Cara di atas tentunya akan memudahkanmu nih dalam menentukan pakan yang tepat. Hasilnya, kucingmu akan tetap sehat dan terawat. Tentu kamu ngga ingin kan jika kucingmu tampak lemah dan tak terurus? Sebagai cat lovers, jangan asal deh memberikan makanan kucing buat peliharaan kesayanganmu!




8 Cara Mencegah Kerutan Di Wajah, Coba Yuk Sebelum Terlambat!

Kerutan di wajah tentu hal yang sangat tidak diinginkan oleh para wanita. Wajah yang memiliki kerutan sangat menurunkan percaya diri saat berpengaruh. Apalagi kerutan di wajah biasanya membuat kamu jadi terlihat lebih tua. Lalu bagaimana cara mencegah kerutan di wajah?

Cara Mencegah Kerutan Di Wajah

Wajah cerah bersinar adalah impian kita semua para wanita enerjik dan bersemangat, lalu jika wajah berkerut "aww malu banget".

Cara Mencegah Kerutan Di Wajah

Penyebab kerutan biasanya ada banyak hal. Bisa karena sering terpapar sinar matahari, pola hidup tidak sehat, dan masih banyak lagi.Tapi tenang saja ada kok beberapa cara  mencegah  kerutan pada wajah. Baca artikel ini sampai habis yuk!

1. Jangan Keseringan Membersihkan Wajah

Bagi kamu-kamu nih yang seneng banget kalau punya  wajah bersih hindari terlalu sering membersihkan wajah ya. Apalagi menggunakan produk-produk pencuci muka yang mengandung bahan kimia.

Kandungan kimia ini kalau keseringan mengenai kulit bisa bikin kulit wajah jadi iritasi dan kering. Cukup bersihkan wajah 2 kali sehari dan alangkah baiknya menggunakan air hangat.

2. Senam Wajah

Senam wajah yang dilakukan secara rutin mampu meningkatkan produksi jaringan ikat kolagen yang bisa membuat kulit jadi lebih elastis dan mengurangi munculnya kerutan. Lakukan senam wajah setiap hari dengan durasi waktu selama 15 menit.

3. Tidur Dalam Posisi Terlentang

Cara mencegah kerutan di wajah bisa dengan mengubah posisi tidur. Kalau biasanya kamu tidur dengan posisi miring atau menyamping mulai sekarang tidurlah dengan posisi terlentang.
Tidur dengan posisi menyamping membuat kerutan mudah muncul karena adanya tekanan pada kulit wajah akibat menempel terlalu lama pada bantal.

4. Lakukan Pijatan Di Wajah

Selain senam wajah kamu juga bisa melakukan yang namanya pijat wajah sendiri sehingga meminimalisir munculnya kerutan. teknik pijat wajah terbukti bisa menghilangkan kelebihan berat air di wajah yang akan mengurangi kerutan.

Lakukan pijatan dengan gerakan ke arah atas jangan sebaliknya karena akan tambah membuat wajah jadi kendor.

5. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting dalam proses menghilangkan kerutan di wajah. Untuk orang dewasa disarankan tidur cukup selama 8 jam perhari. Saat tidur tubuh melakukan regenarasi pada kulit sehingga memperbaiki kulit yang rusak. Jika kamu kurang tidur maka proses regenarasi jadi terhambat karena hormon kortisol dilepaskan.

6. Rajin Minum Air Putih

Kamu juga harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh yaitu dengan cara rajin minum air mineral setiap hari. Jika kekurangan cairan maka kulit akan kering tak terkecuali kulit wajah. Maka dari itu mulai sekarang rajinlah minum air sebanyak 3 liter perhari.

7. Rajin Pakai Sun Screen

Kamu harus menghindari yang namanya terpapar sinar matahari secara langsung maka dari itu pada pagi hari hendaklah menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV. Terlalu sering terpapar sinar UV bisa mengakibatkan wajah keriput karena berpengaruh terhadap elastisitas kulit sehingga muncul kerutan.

8. Makan Makanan Sehat

Untuk melengkapi 7 cara mencegah kerutan di wajah di atas enaknya kamu juga memperhatikan apa yang kamu konsumsi setiap hari. Rajin makan sayuran dan buah segar dan kurangi mengkonsumsi gorengan ataupun fast food.


Jadi itu tadi 8 cara mencegah kerutan di wajah yang bisa kamu lakukan. Cara ini tetap harus dilakukan meski kerutan di wajah kamu belum muncul. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Semangat!!

Belum Tahu dan Coba Obligasi? Cari Tahu Dulu Disini Yuk

Apakah kamu sudah punya rencana matang untuk masa depan? Atau hanya go with the flow aja? Jangan dong. Kini sudah bukan jamannya anak muda kelamaan berpenghasilan tanpa memikirkan masa depan. Manfaatkan uang masa mudamu untuk dapat hidup nyaman nantinya.

obligasi adalah

Ada banyak cara kok untuk berinvestasi, obligasi adalah salah satunya. Bentuk investasi ini tidak banyak dibahas seperti saham, reksa dana dan lainnya. Bahkan, fakta sesuai data Obligasi Negara Ritel (ORI),  ada peningkatan pembelian obligasi dari tahun ke tahun. Lalu apa sih daya tarik investasi ini? Yuk, cari tahu lebih lanjut penjelasannya.

Pengertian Obligasi 

Kalau bicara investasi pasti kamu kenal dong dengan saham, deposito atau reksadana. Nah, investasi dengan obligasi tidak sepopuler rekannya itu, namun bukan berarti sepi peminat. Yuk mulai dengan penjelasan obligasi adalah investasi seperti apa sih?

Mengambil dari kata bahasa Inggris “obligation” berarti tanggung jawab. Obligasi adalah surat yang dikeluarkan pemerintah atau perusahaan sebagai pernyataan utang yang memiliki berbagai tanggung jawab pelunasan. Ada tempo, bunga sampai diskon yang dibayarkan per bulan.

Dibandingkan investasi lainnya, obligasi ternyata lumayan aman loh. Suratnya memberikan jaminan pembayaran dan terlindungi secara hukum. Apa lagi kalau ambil obligasi pemerintah, dijamin aman deh. Terus bisa dipindahtangankan juga, jadi keuntungannya berlipat-lipat deh. Nah, lalu kalau sudah tertarik, langkah selanjutnya adalah tahu dulu bagaimana cara kerjanya. Pelajari mekanismenya, sesuaikan dengan kemampuan finansialmu.

Cara Kerja Investasi dengan Obligasi

Namanya surat hutang berarti memang kamu memberikan suntikan dana bagi yang membutuhkan. Alasan mengapa obligasi tidak terlalu populer adalah memang dikeluarkan kala dibutuhkan saja. Saat perusahaan atau pemerintah sedang bermasalah, maka mereka mengeluarkan obligasi. Berikut tata caranya.

1. Rilis Obligasi

Perusahaan atau pemerintah akan mengeluarkan obligasi saat butuh dana. Hal ini bisa lewat private placement (minta langsung sama donatur dan tidak diperjual belikan bebas), Cara lain bisa melalui lelang (mengeluarkan penawaran dan ambil yang paling tinggi) dan jaminan emisi (sindikasi yang memborong dan menjual kembali).

2. Rincian surat

Penerbit obligasi akan menentukan dana yang dibutuhkan dan rencananya. Nah, bisa dipastikan obligasi punya kekuatan mengikat dan detail banget.  Hal mulai jatuh tempo, besaran diskon dan nominal bunga, semua dibuat terperinci.

3. Penerbitan Obligasi

Cara dapat obligasi sesuai bagaimana obligasinya dikeluarkan. Kalau pakai lelang, kamu buat penawaran dan gambling deh. Penjaminan emisi atau underwriting adalah perusahaan yang memborong obligasi dan dijual lagi dengan investor umum. Perorangan akan lebih aman pakai jalan ini.

Karena ada badan yang menanggung resiko, walau berarti juga mereka ambil fee. Beda lagi dengan Penerbitan khusus atau private placement. Obligasinya langsung menargetkan pihak terpilih dan tidak dijual-belikan secara bebas.

4. Harga Obligasi

Mari kita cermati kalau mau beli obligasi harus punya modal berapa dulu nih. Obligasi atau bond kisaran nominal lembaranya ada yang USD 100, USD1000 dan seterusnya. Dengan bermodal 2 juta kamu sudah bisa loh, punya obligasi. Tidak setinggi deposito yang kisarannya 10 sampai 8 juta kan. Atau menanam saham dan main reksadana.

Bagaimana sudah jelaskan kalau obligasi adalah jenis investasi yang punya banyak keuntungan. Jadi jangan antipati dengan istilah “surat hutang” ketahui dengan jelas pengertian, mekanisme dan keuntungannya. Nah, mau punya investasi dengan bentuk obligasi? Pahami dulu jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Obligasi

Secara garis besar ada dua obligasi, pemerintah dan perusahaan umum. Kalau Surat Utang Negara (SUN) adalah keluaran negara. Kapan dikeluarkannya? Biasanya kala defisit APBN perlu suntikan dana. Perusahaan umum bisa mengeluarkan obligasi melalui Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

Surat hutang keluarannya punya beberapa jenis. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ya, namanya juga investasi memang harus dilakukan dengan cukup pertimbangan. Coba lihat bahasan jenis obligasi sebagai berikut.

1. Obligasi Pemerintah 

Dana APBN Pemerintah saat-saat tertentu butuh bantuan pihak lain. Melakukan investasi obligasi melalui Kementerian Keuangan adalah cara paling aman untuk berinvestasi. Kan, obligasi kamu dijamin oleh negara.

2. Obligasi Tabungan

Bagi kamu yang ingin mulai investasi kecil-kecilan, mulai dengan obligasi tabungan. Investasi ini dapat dibeli oleh individu dengan nominal rendah agar banyak yang bisa memiliki obligasi walau nominal kecil.

3. Obligasi Suku Bunga Tetap

Obligasi dengan jumlah suku bunga tetap. Kamu bisa tenang dengan nominalnya yang stabil dan tidak ada perubahan sampai tuntas terbayarkan.

4. Obligasi Suku Bunga Mengambang

Suku bunga berdasarkan indeks pasar uang. Angkanya tidak tetap dan bisa berubah kapan saja.

5. Obligasi Tanpa Bunga

Obligasi minus bunga. Jadi obligasi yang diperoleh berfokus untuk melunasi hutang tanpa tambahan.

6. Obligasi Inflasi

Mengacu nilai pokok pada inflasi. Umumnya suku bunga lebih rendah dari obligasi suku bunga tetap.

7. Obligasi Korporasi

Nilai pengembalian paling tinggi karena lebih beresiko. Dikeluarkan perusahaan jadi lebih beresiko dari pada keluaran pemerintah.

Obligasi adalah satu dari banyaknya opsi kamu untuk berinvestasi. Tetap ya, semua ada resiko dan keuntungan. Pahami benar-benar jenis obligasi yang kamu pilih. Kan, bisa jadi jaminan hidup di masa depan loh. Kamu bisa memiliki obligasi dan mengambil keuntungan sesuai besarnya nominal yang kamu berani untuk pertaruhkan.

Minum Teh Hijau Sebelum Tidur di Malam Hari, Apakah Baik Untuk Kesehatan?

Siapa di sini yang punya kebiasaan sering minum teh hijau sebelum tidur di malam hari? Teh hijau pernah dikatakan sebagai minuman paling sehat di dunia. Teh berwarna hijau ini mengandung flavonoid yang berguna untuk mengurangi peradangan, mengontrol kolestrol jahat serta mengurangi risiko terkena serangan jantung.



Namun bagaimana jika teh hijau dikonsumsi sebelum tidur malam hari, apakah baik untuk kesehatan? Temukan jawabannya di bawah ini yah girls.

Pro dan kontra pun bertebaran karena teh hijau ini. Pernyataan tentang teh hijau ini tidak melulu soal manfaat saja, tapi beberapa peneliti menyatakan bahwa tidak baik apabila teh hijau dikonsumsi saat sebelum tidur di malam hari. Mengapa demikian?

Pro dan Kontra Mengenai Teh Hijau

Memang benar teh hijau sangat bermanfaat bagi tubuh kita girls, tapi bukan berarti teh hijau bisa kita minum setiap saat. Ada waktunya, teh hijau sebaiknya tidak kita minum, seperti di malam hari.

Minum teh hijau di malam hari akan mengganggu tidur nyenyak kamu. Seorang peneliti mengatakan bahwa kandungan kafein yang terdapat di teh hijau dapat meningkatkan adrenalin. Untuk itu, bagi kamu yang punya kebiasaan minum teh hijau di malam hari, sebaiknya hentikan yah.

Tidak hanya itu, kamu yang memiliki riwayat batu ginjal sebaiknya membatasi diri untuk tidak keseringan minum teh hijau. Karena nih girls di dalam teh hijau terkandung oksalat yang berkontribusi lebih banyak dalam pembentukan batu baru.

Tapi bukan berarti juga kalau teh hijau tidak boleh kita minum, hanya saja dalam batas wajar dan juga waktu yang tepat. Teh hijau bermanfaat kok bagi tubuh kita misalnya melindungi diri dari penyakit Alzheimer, demensia, dan parkinson. Selain itu teh hijau juga berfungsi untuk membunuh bakteri di mulut yang menjadi pemicu bau mulut dan juga dapat melawan virus flu.

Bagi kamu yang pengen awet muda dan memiliki kulit yang sehat juga cocok untuk minum teh hijau.  Para peneliti menyatakan bahwa waktu terbaik minum teh hijau adalah di pagi hari. Dengan meminum teh hijau di pagi hari, akan membuat tidur kamu lebih nyenyak di malam hari.

So minumlah secangkir teh hijau di pagi hari dan secangkir pada siang hari agar tubuhmu lebih sehat girls. Dan ingat jangan minum teh hijau 2 jam sebelum tidur di malam hari agar tidurmu tidak terganggu.

Oh iya ada juga yang mengatakan, “bagaimana kalau minum teh hijau yang tidak mengandung kafein?” Teh hijau jenis tersebut memang hanya memiliki 2 miligram kafein saja dan tidak akan mengganggu tidur kamu.

Namun, untuk membuat teh hijau tanpa kafein harus melewati beberapa proses yang membuat teh hijau tersebut kurang sehat. Selain itu proses yang dilewatinya akan membuat antioksidan dalam teh tersebut menghilang.

Segala sesuatu jika dikonsumsi dengan baik akan berdampak baik, begitupun juga dengan sebaliknya. Semoga bermanfaat

Ini Dia Tips Merawat Rambut Keriting yang Susah Diatur

Ngga pede dengan rambut keritingmu yang tampak berantakan? Punya rambut ikal atau keriting, sebenarnya akan membuat perempuan terlihat lebih cantik dan stylish loh. Tapi beberapa orang nampaknya jadi kurang percaya diri, lantaran terbujuk dengan standar kecantikan rambut lurus.

Tips Merawat Rambut Keriting

Sehingga mereka lebih akrab sama yang namanya catok lurus, smoothing, rebonding, dan produk pelurus lainnya. Padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan agar rambut keritingmu tampil mempesona dan didambakan banyak orang. Ingin tahu bagaimana cara perawatannya? Yuk ikuti tips merawat rambut keriting berikut ini!

Tips Merawat Rambut Keriting

Tak bisa dipungkiri, memiliki rambut keriting memang sangat susah diatur dan rawan kerusakan. Meski begitu, kamu bisa mendapatkan rambut keriting yang cantik dengan tips ini.

1. Menggunakan shampo non sulfate

Shampo non sulfate sangat cocok digunakan untuk jenis rambut keriting. Biasanya shampo ini tidak terlalu berbusa, sehingga membuat batang rambut tidak mudah kering.

2. Menggunakan konditioner

Kondisioner berfungsi sebagai pelembab rambut, sehingga membuatnya mudah diatur dan tetap lembut. Pakailah produk ini secara rutin agar tidak rontok, dikarenakan kondisi rambut yang kusam. Namun saat memilih kondisioner, sebaiknya pilihlah yang tidak mengandung silikon.

3. Pakailah leave on conditioner

Apa sih bedanya kondisioner biasa dengan leave on conditioner? Nah, mungkin saja kamu bakal bertanya-tanya mengenai hal ini. Leave on conditioner adalah jenis pelembab tanpa bilas yang berupa krim untuk menyisir rambut. Fungsi pemakaiannya adalah untuk menghindarkan rambut liar, yang kerap dialami oleh para pemilik rambut keriting.

4. Hindari terlalu sering keramas

Waktu yang tepat untuk keramas adalah ketika rambut sudah tampak mulai berminyak dan berbau kurang sedap. Karena jika terlalu sering keramas, bisa bisa kulit kepala dan rambut akan semakin kering. Selain itu, sering keramas juga akan memicu munculnya ketombe, rambut patah karena rapuh, rambut kemerahan, dan sebagainya.

5. Mengeringkan rambut secara alami

Sering menggunakan kipas angin atau hair dryer untuk mengeringkan rambut? Mulai saat ini, sebaiknya stop kedua cara tersebut. Meski lebih cepat kering, tapi rambut keritingmu akan tampak mengembang dan jadi tidak teratur. Lebih baik angin-anginkan rambutmu secara alami, serta gunakan handuk berbahan microfiber untuk menyerap air.

6. Ikat rambut saat tidur

Tips yang satu ini mungkin terdengar cukup unik dan belum pernah kamu dengar. Namun dengan melakukan tips ini kamu akan terhindar dari rambut kusam, berantakan, dan tidak bisa diatur setelah bangun tidur. Bagi kamu pemilik rambut keriting, pasti sering banget kan mengalami hal ini?

5. Rutin pakai masker

Untuk melakukan perawatan masker pada rambut keriting, pilihlah produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut. Biar lebih mudah, kamu bisa nih membuat krim masker sendiri dari bahan alami. Contohnya, kamu bisa menggunakan ekstrak santan dan olive oil. Bahan ini pastinya bagus buat rambutmu, karena terhindar dari bahan bahan kimia.

Itulah tadi 5 tips merawat rambut keriting yang susah diatur. Selain tampil makin cantik, rambutmu juga akan lebih sehat dan terhindar dari kerusakan loh. Dijamin deh kamu bakal jauh-jauh sama yang namanya catok dan smoothing!





Mudahnya Mengatur Bisnis Kuliner dan Meningkatkan Penjualan dengan GoBiz

Sadar nggak sih betapa berkembangnya bisnis kuliner di era digital seperti sekarang ini?
Bisa bandingin nggak sih sama 5 atau 4 tahun lalu?

Makan atau berburu kuliner udah masuk dalam list hobiku. Nggak heran deh kenapa timbangan berat badan selalu melaju ke kanan. Mencari asupan makan yang enak bagiku bukan sekedar bikin perut kenyang aja. Tapi kuliner bahkan jika bisa menemukan tempat makan baru bisa mengubah mood-ku jadi lebih baik

gobiz

Nah, ada yang lain lagi, selain menikmati makanannya aku sendiri sering memperhatikan, ngebatin (ngomong dalam hati), diskusi sama temen makan (kadang diskusi sama diri sendiri) tentang gimana sih konsep sama jalan bisnisnya warung, resto, café, atau merchant tempatku makan. 

Nggak tau deh ya, reflek aja selalu terpikir seperti itu. Mungkin nih, mungkin, bawaan karena aku anak ekonomi ya. hihi

Back to topic, akhir-akhir ini saat aku makan di resto, warung kecil, café, bahkan jajan kayak martabak dan lainnya yang ada di pinggir jalan tuh sering banget transaksi pembayaran secara cashless. Iya, bisa debit card atau e-money. Herannya, nggak hanya café atau resto besar aja gitu loh, bisnis UMKM pun banyak yang udah available cara pembayaran yang sama. 

Kayak contohnya kemarin aku makan di Hokben Suncity Sidoarjo nih,  di meja kasirnya udah banyak nyediain mesin edc dan juga beraneka cara pembayaran dengan e-money. Pas banget emang aku nggak bawa uang cash banyak. Cuman ad Rp30.000 di dompet. Hehe

Dari sini kalian sadar nggak sih kalau perkembangan bisnis bener-bener udah berubah ke arah lebih maju? Menggabungkan bisnis kuliner dengan teknologi itu sebuah tuntutan atau apa sih? Adakah manfaat lain dari penerapan teknologi dalam bisnis kuliner selain untuk lebih memudahkan?

Yuk mari diskusi bareng.

Perkembangan Bisnis Kuliner di Era Digital


gobiz

Di jaman serba digital seperti ini, bisnis kuliner bukan hanya sekedar persaingan enak dan nikmatnya makanan dan masakan. Lebih jauh dari itu, makna kuliner sendiri makin luas karena berbagai macam kemudahannya.

Yap, kemudahan baik bagi penjual maupun pembelinya. Kreativitas dan inovasi nyatanya jadi tuntutan bagi para pembisnis jika ingin usahanya makin diminati, angka penjualan naik, dan bisnis naik kelas.

Untungnya kebutuhan akan kreativitas dan inovasi ini dijawab oleh para anak muda modern yang kini banyak mendirikan startup-startup yang hadir untuk melengkapi dan tentu juga mensukseskan untuk perkembangan bisnis kuliner di Indonesia. Yap, startup yang membantu bisnis kuliner agar lebih gampang sampai ke masyarakat sebagai konsumen. 

Startup-startup berbasis teknologi ini banyak hadir dengan berbagai macam aplikasi yang dibangun sedemikian canggihnya hingga bisa melayani pecinta kuliner dan juga memudahkan transaksi para penjual. Yap, pemilik merchant dan juga para pelaku startup ini bak simbosis mutualisme yang saling menguntungkan gaes. 


Startup menyediakan aplikasi dan mendapat keuntungan dari penggunaan aplikasinya, sedangkan penjual bisa lebih mudah menaikan angka penjualan dan memperluas pemasaran. 

Peluang Terbuka Lebar Bagi Pebisnis Kuliner di Era Digital dengan GoBiz

gobiz

Setelah masuknya teknologi ke dunia kuliner dengan hadirnya aplikasi yang bisa men-support, semua orang nggak perlu lagi takut untuk membuka usaha makan atau kuliner baik besar maupun skala kecil. Kenapa harus takut? Banyak cara untuk memasarkan produk yang dijual ke masyarakat agar lebih dikenal bahkan sampai mendatangkan penjualan. Salah satunya dengan mendaftarkannya sebagai mitra Go-food. 

Saat ini sendiri kita pasti tahu lah ya, ada begitu banyak bisnis kuliner yang bisa kita akses dan beli produknya melalui satu aplikasi pintar bernama Go-food. 

Tahukah kamu kalau meningkatnya merchant atau mitra UMKM yang bergabung menjadi mitra Go-food akibat karena adanya manajemen merchant yang bisa dibilang nyaris sempurna bernama GoBiz?

Apa itu GoBiz?


GoBiz adalah sebuah aplikasi yang ekslusif atau khusus untuk para mitra Go-Food. Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur unggulan yang bsia dimanfaatkan oelh para pemilik bisnis. Berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan dalam aplikasi GoBiz.


  • Fitur Content Management

Fitur ini akan memudahkan para pemilik usaha kuliner untuk mengatur konten promosi di Go-food, menambah menu, ganti menu, memasukan foto produk. Praktis bukan? Dalam satu aplikasi para pelaku bisnis ini bisa melakukan banyak hal untuk kepentingan marketing dan manajemen.

  • Fitur Order Management

Nah kalau fitur ini akan membantu para pelaku bisnis kuliner untuk melihat perkembangan usahanya. Caranya pun mudah dikarenakan semua perkembangan usahanya bisa diamati dalam laporan yang telah terintegrasi dengan transaksi Go-Food. Jadi, setiap hari para pemilik bisnis in bisa melihat rekap orderan yang terjadi sekaligus mengamati perkembangannya.

Kelebihan Atau Keunggulan GoBiz Untuk Bisnis


Aplikasi super yang bernama GoBiz ini memang dimanfaatkan untuk mempermudah sistem kerja para merchant atau mitra Go-food. Berikut adalah beberapa kelebihan dan keunggulan GoBiz yang bisa langsung dirasakan oleh para mitra go-food atau merchant kuliner.

gobiz

1. Pesan Antar Makanan Online

Dengan mendaftar di aplikasi GoBiz maka para pengusaha kuliner akan terintegrasi dengan aplikasi go-food yang ini berarti bahwa produk jualannya akan semakin dikenal oleh masyarakat. Ini berarti pula kesempatan untuk menaikkan angka penjualan melalui orderan go-food akan semakin meningkat.

2. Mempermudah Operasional

Banyak fitur-fitur yang akan sangat mempermudah para pelaku usaha kuliner dalam hal operasionalnya seperti adanya fitur e-wallet go-pay, mengatur ketersediaan menu secara fleksibel, mengatur jam operasional, melihat detail daftar pesanan, bahkan dilengkapi dengan fitur verifikasi PIN untuk memastikan keamanan bagi para pemilik usaha atau persen kuliner.

3. Pembayaran Modern

Karena zaman sudah digital dan para konsumen pun udah lebih banyak yang menerapkan metode cashless dibandingkan membayar secara tunai, tentu para mitra atau pun merchant kuliner pun harus menyesuaikan diri. Untungnya dengan GoBiz pemilik usaha akan lebih nyaman karena GoBiz dapat menerima pembayaran dengan go-pay dan langsung ke dompet digital.

4. Sebagai Pencatatan Pemasukan dan Pengeluaran

Setiap bisnis pasti memerlukan pencatatan entah itu untuk mencatat pemasukan maupun pengeluaran. Hal ini untuk mempermudah para pelaku bisnis untuk mengetahui kondisi usahanya apakah dalam satu periode menghasilkan keuntungan atau malah kerugian. 

Nah semua transaksi pemasukan atau pengeluaran ini bisa pemilik pelaku usaha dalam aplikasi GoBiz . Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena udah dapat dipastikan semua pemilik usaha pasti suatu saat membutuhkan history arus kas baik masuk maupun keluar dan atas transaksi apa arus kas tersebut.

5. Pengaturan Promo untuk Pelanggan

Ada satu lagi yang menarik dari aplikasi keluaran Go-Jek yang akan sangat membantu operasional para mitra Go-Jek maupun merchant kuliner. Pasalnya di GoBiz terdapat satu fitur yang bisa membuat mereka mengatur promonya sendiri untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

6. Bisa Melihat Laporan Secara Terperinci

Tentu penting untuk pemilik usaha dapat melihat dan menganalisa kondisi bisnis kulinernya secara menyeluruh baik itu penjualan, rekap orderan, biaya-biaya yang muncul, hingga angka keuntungan maupun kerugian. Semua hal ini bisa didapatkan dengan mudah oleh para pelaku bisnis apabila menggunakan aplikasi GoBiz.


Kenapa penting melihat laporan? 

Yap, atas apa yang mereka lihat dalam laporan tersebut nantinya akan menentukan sikap atau keputusan apa yang harus diambil oleh para pelaku usaha demi kelangsungan bisnis kuliner nya.

7. Terintegrasi dengan Mesin Kasir Online Powered by Gojek

Kemudahan lain dari penggunaan aplikasi GoBiz adalah karena para pelaku usaha bisa mengaksesnya melalui mesin EDC  yang juga merupakan produk dari Go-Jek. Saat ini para mitra Go-Jek lebih dimudahkan karena bisa menggabungkan catatan order dari pelanggan yang langsung beli di tempat maupun dari orderan yang berasal dari go-food atau yang biasa disebut Point-Of-Sale atau P0S.

Nggak perlu takut apabila rekapan pesanan order yang melalui aplikasi go-food akan tercampur dengan pembelian atau orderan yang berasal dari pembelian di tempat. Hal ini dikarenakan melalui aplikasi Gobiz semua akan tercatat secara terperinci dilengkapi dengan history atau riwayat transaksi.

Bahkan mudahnya lagi, atas laporan-laporan ini bisa dikirimkan secara otomatis ke email pemilik usaha dalam jangka waktu H+1 setiap harinya.

Manfaat GoBiz Bagi Mitra atau Usaha Kuliner

gobiz


Berikut adalah beberapa manfaat yang pastinya akan dirasakan oleh para pelaku bisnis kuliner setelah memakai GoBiz untuk operasional bisnisnya: 

1. Memberikan Pengalaman Baru dan Kemudahan Layanan Bagi Konsumen

Dengan adanya aplikasi GoBiz maka para konsumen akan selalu dibuat nyaman serta diberikan pengalaman baru karena bisa dengan mudah melihat daftar menu serta harga yang tepat dan update tentang promo maupun diskon yang diberikan.

Tentu dalam bisnis sejenis ini kepuasan para pengguna setia go-food adalah yang utama, karena selain baik untuk go-food sendiri kepuasan yang dirasakan oleh konsumen juga akan berdampak baik terhadap kelangsungan bisnis kuliner tersebut.

2. Meningkatkan Volume Transaksi dan Nilai Penjualan

Nggak heranlah kalau para pengusaha kuliner ini akan mengalami peningkatan volume transaksi dan angka penjualan dikarenakan poin yang telah disebutkan di atas tadi. Kepuasan para konsumen yang terus konsisten akan membuka kesempatan untuk para mereka melakukan repeat order di kemudian hari. 

3. Mengembangkan Usaha

Peningkatan angka penjualan ataupun omset usaha akan membuka kesempatan untuk para pengusaha ini untuk memperluas dan mengembangkan usahanya misalkan yang tadinya masih usaha mikro kecil menjadi usaha kecil menengah. Bahkan bukan tidak mungkin nantinya para pelaku bisnis ini bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak untuk membantu bisnisnya.

Segera Download Aplikasi GoBiz di Playstore dan Temukan Berbagai Kemudahan Berbisnis Kuliner


Dari semua penjelasan di atas tentu kamu sebagai pemilik bisnis kuliner akan sangat tertarik untuk menggunakan aplikasi GoBiz guna menunjang usaha yang kamu miliki kan? Begini cara download aplikasi Gobiz yang perlu kamu tahu.
  1. Pastikan telah terdaftar sebagai mitra Go-Jek. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan usaha kamu sebagai mitra usaha Go-Jek entah itu terdaftar pada layanan go-pay maupun go-food.
  2. Instal aplikasi GoBiz yang ada di di Play Store 
  3. Buka aplikasi GoBiz dan masukkan nomor ponsel yang telah digunakan untuk mendaftar sebagai mitra usaha Go-Jek. 
  4. Kode OTP akan segera dikirim ke nomor yang kamu masukkan, lalu proses verifikasi pun akan segera dilakukan, dan, 
Selamat bergabung dan selamat menggunakan aplikasi GoBiz dan rasakan semua manfaatnya untuk bisnis kuliner kamu.