4 Tips Menjalankan Diet Tanpa Rasa Lapar yang Sehat untuk Tubuh

Merasa nggak sanggup buat menahan lapar saat menjalankan program diet? Diet memang sangat identik dengan pengurangan porsi makan. Jadi wajar saja jika aktivitas ini bakal bikin perut kamu terasa lapar. Hal ini lantaran tubuh kamu mendapatkan asupan kalori yang jauh lebih sedikit dibanding asupan harianmu biasanya.



Tips Menjalankan Diet Tanpa Rasa Lapar

Namun bagi kamu yang cukup kesulitan untuk menahan lapar, kamu tetap bisa loh menjalankan diet tanpa rasa lapar. Kamu pun masih bisa nih buat mengkonsumsi makan makanan yang enak dan bergizi. Nah, pingin tahu bagaimana cara diet tanpa kamu harus merasa lapar? Yuk simak tips diet ini!

Tips Menjalankan Diet Tanpa Rasa Lapar

Biar program dietmu tetap sehat tanpa bikin kamu merasa lapar, kamu bisa nih mengikuti tips diet berikut ini.

1. Konsumsi Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Ketika mengambil porsi makan saat diet, usahakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalamnya. Karena kecukupan nutrisi ini sangat mempengaruhi munculnya rasa kenyang yang lebih lama. Misalnya saja melengkapi kebutuhan serat dan air, yang bisa bertahan lebih lama di saluran pencernaan.

2. Pilihlah Jenis Makanan Berkalori Rendah

Jenis makanan dengan kalori rendah ini, memiliki banyak kandungan serat dan air di dalamnya. Berbeda dengan makanan berkalori tinggi yang juga tinggi lemak, seperti jenis tepung tepungan dan gula.  Nah, contoh makanan berkalori rendah seperti:
  • Buah buahan seperti tomat, apel, melon, pepaya, pir, dll.
  • Sayur sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli, daun kol, dan sawi.
  • Berbagai jenis kacang kacangan, susu kedelai, kacang tanah, kacang merah dan kacang panjang.
  • Produk gandum utuh, termasuk roti gandum, popcorn, pasta gandum, dan juga nasi merah.
  • Jenis daging tanpa lemak atau lean meat, contohnya sapi, ayam, serta ikan salmon.



3. Tetaplah Makan dalam Jumlah Normal dengan Cemilan Sehat

Seringkali orang beranggapan bahwa diet haruslah mengurangi jumlah dan porsi makan harian. Padahal untuk menjalankan diet dengan sehat, kamu nggak perlu loh harus mengurangi porsi makan yang justru bikin lapar dan jatuh sakit. Karena sekalinya kamu makan, bisa bisa kamu makin kalap nih saat menyantap makanan.

Dengan diet tanpa rasa lapar ini, kamu masih bisa loh makan sehari 3x diselingi dengan cemilan sehat. Karena tubuhmu ngga bakalan menumpuk lemak berlebih dari konsumsi makanan yang ngga sehat. So, jangan sampai melewatkan makan ya meski kamu sedang diet!

4. Batasi Makanan yang Memiliki Kalori Tersembunyi

Ternyata, di sekitar kita ada begitu banyak jenis makanan dan minuman yang memiliki kalori tersembunyi. Dan bahkan, kalori yang tersembunyi di dalamnya memiliki jumlah dengan kalori yang begitu tinggi. Biasanya kalau di bersembunyi ini tersimpan di dalam sirup maupun minuman instan, snack kemasan minuman bersoda, produk minuman susu, serta jus yang ditambah gula.


Nah, udah tau kan makanan dan minuman apa saja yang mesti kamu hindari saat diet? Dengan tips diet tanpa rasa lapar di atas, kamu bebas loh makan apa saja asalkan produknya sehat. Lalu siapa bilang diet harus bikin lapar?



**

FEMINIM adalah julukan yang dalam bahasa kita identik dengan hal-hal tentang wanita. FEMINIM berasal dari kata dasar FEMININ yang entah kenapa malah lebih dikenal masyarakat.

FEMINIM.ID hadir untuk membahas tentang segala hal berbau tentang wanita mulai dari fashion, kecantikan, kesehatan, relationship, lifestyle, make up dan skin care bahkan masalah keuangan. 

4 komentar

  1. Tips yang sedang aku butuhkan saat ini nih. Sudah 3 kali seminggu nge-gym dan timbangan masih saja stuck. Kayaknya perlu menerapkan tips diet tanpa rasa lapar ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mimin ada wacana nge gym malah belum jalan-jalan ini sis,,

      pakai cara ini dulu, semoga work juga yaa :*

      Hapus
  2. Manfaat bgt ini buat dirikuh yg lg diet tp susahnya minta ampun. Akan kucoba semua tipsnya. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangatt ya saaayy,, ayo konsisten biar work :*

      Hapus


EmoticonEmoticon