Alasan Vegetarian Menjadi Tren Gaya Hidup Sehat Masa Kini

Masalah kesehatan dan gaya hidup, belakangan ini memang begitu marak diperbincangkan. Salah satunya dalam hal pola makan yang memunculkan banyak tren tren baru, termasuk tren vegetarian. Gaya hidup ini memang sangat tren, karena dinilai sudah menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.

Alasan Vegetarian Menjadi Tren Gaya Hidup Sehat Masa Kini

Tren vegetarian sangatlah identik sama yang namanya sayur-sayuran, buah-buahan, dan segala masakan dari bahan nabati. Semakin meningkatnya tren ini, kini banyak tempat makan yang menyediakan menu tanpa daging, ikan, dan bahan makanan lain dari hewani lain.

Namun bagi kamu yang saat ini masih doyan konsumsi daging, mungkin saja penasaran dengan tren vegetarian tersebut. Atau mungkin saja kamu bertanya tanya apa alasan menerapkan tren vegetarian di dalam pola makannya. Nah, biar nggak dibikin penasaran, yuk simak alasan seseorang menjadi vegetarian berikut ini.


Alasan Menerapkan Tren Vegetarian dalam Pola Makan

Seseorang yang melakukan tren vegetarian, biasanya memiliki alasan dibaliknya. Lalu apa saja sih alasannya? Ini nih jawabannya.

1. Kesadaran Gaya Hidup Sehat

Seseorang yang melakukan tren vegetarian, bisa jadi alasannya adalah karena menghindari resiko kesehatan. Karena di dalam makanan nabati, mengandung banyak vitamin, zat besi, mineral, air, maupun serat yang baik buat tubuh. Ketika menerapkan pola makan vegetarian, kamu sudah menurunkan resiko dan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, dehidrasi, penyakit jantung, stroke, dan juga kanker.

2. Kebutuhan Ritual Keagamaan

Ketika ingin lebih mendalami agama maupun kepercayaan tertentu, terkadang kamu perlu melakukan ritual keagamaan dengan puasa tidak makan makanan hewani.

3. Banyaknya Makanan Vegetarian yang Menggugah Selera

Semakin maraknya tren vegetarian, kini banyak tempat makan maupun restoran yang menyediakan makanan vegetarian. Bahkan, beberapa restoran sengaja membuat menu khusus vegetarian dengan berbagai olahan daging buatan dari gluten. Tampilannya pun nggak kalah dari menu olahan daging asli. Cobain deh!

4. Program Diet

Alasan menerapkan tren vegetarian selanjutnya, yakni karena ingin menurunkan berat badan. Karena makanan ini tinggi serat dan air, yang nggak akan ditimbun terlalu lama dalam tubuhmu.

5. Memiliki Alergi atau Pantangan

Beberapa orang, menjalankan tren vegetarian lantaran memiliki riwayat alergi atau pun pantangan makanan. Alergi makanan ini disebabkan kandungan protein dalam beberapa jenis daging yang terlalu tinggi, seperti pada ikan, udang, telur, ayam, dan sebagainya. Selain itu, mungkin saja seseorang memiliki pantangan makan makanan nabati karena lemak jahat dalam tubuhnya sangat tinggi.

6. Bentuk Protes dari Eksploitasi Hewan

Beberapa orang yang menjadi pecinta binatang, biasanya memiliki perasaan kasihan jika harus memakan binatang yang tak bersalah ini. Sehingga mereka stop memakan segala bentuk makanan hewani. Apalagi bagi yang merasa pecinta binatang, biasanya akan menghindari makanan ini karena merasa melakukan kekejaman.


Demikianlah beberapa alasan menerapkan tren vegetarian di dalam gaya hidup seseorang. Udah nggak penasaran lagi kan sama alasannya? Tertarik buat mencoba gaya hidup sehat dengan vegetarian?


**

FEMINIM adalah julukan yang dalam bahasa kita identik dengan hal-hal tentang wanita. FEMINIM berasal dari kata dasar FEMININ yang entah kenapa malah lebih dikenal masyarakat.

FEMINIM.ID hadir untuk membahas tentang segala hal berbau tentang wanita mulai dari fashion, kecantikan, kesehatan, relationship, lifestyle, make up dan skin care bahkan masalah keuangan. 


Author : Anis Faridatunisak
Editor : Rini Novita Sari

0 Comments

Posting Komentar