Girls! Ketahui 7 Tips Mengatasi Sakit dan Nyeri Akibat Datang Bulan Berikut

Masalah kewanitaan sudah dibahas turun-temurun. Nenek, ibu sampai anak perempuan saling berbagi tips mengatasi datang bulan yang kadang bisa menganggu aktifitas sehari-hari. Faktanya, tidak semua wanita merasa sakit saat menstruasi. Namun, bagi mereka yang merasa kram hebat, mual,sakit pinggang hingga hilang kesadaran, perlu mewaspadainya. Ingat, ladies jangan sepelekan kesehatan sendiri, terutama bila datang tiap bulan. Nah, selain berkonsultasi dengan dokter, coba beberapa tips berikut.   
Tips Mengatasi Sakit dan Nyeri Akibat Datang Bulan

7 Tips Mengatasi Sakit dan Nyeri Akibat Datang Bulan


1. Istirahat dan Hindari Stress

Ladies, kecapean dan banyak fikiran adalah beberapa alasan mengapa menstruasi menyakitkan. Selain bisa datang sebulan sampai dua kali, menstruasi bisa lama berhenti selain ditambah rasa sakitnya. Lalu apa solusinya? Kamu perlu memperbanyak istirahat dan mengendurkan saraf yang tegang. Walau tidak ada penelitian yang mendukungnya, melakukan hal-hal yang disukai dapat meredakan stress.

2. Olah  Raga

Sakit datang bulan umumnya dikarenakan peredaran darah yang tidak lancar. So, olah raga bukan hanya untuk melangsingkan diri ya. Yoga, jogging atau jalan santai dapat mengurangi kram. Kamu tidak harus berolah raga ekstrem. Bahkan, ternyata salah satu tips mengatasi datang bulan yang efektif adalah memperbanyak peregangan. Jadi, yoga dan meditasi cocok juga ya.

3. Asupan Makanan Bergizi

Hayo, jujur ya ladies. Kalau sedang datang bulan kita jadi pengen makanan yang enak-enak namun kadang kala juga tidak bergizi. Ngebaso, menyantap seblak, dan junk food lainnya, hanya enak dilidah namun menyakitkan lambung. Hindari kembung dan memperparah kram saat datang bulan dengan menjaga makanan. Telor, ikan salmon, almond, biji wijen mampu meredakan peradangan otot.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Kala tubuh mengeluarkan banyak cairan, pastikan Anda tidak diheidrasi. Perbanyak air putih hangat agar tubuh senantiasa hangat dan nyaman. Jauhi air dingin atau minuman bersoda agar leher rahim tidak tegang dan berkonstraksi hebat. Tips mengatasi datang bulan ini mempelancar menstruasi dan cepat berhenti. Anda cukup memperbanyak minum air putih hangat.  

5. Sering mengganti pembalut

Apa hubungan antara kram dan sering menganti pembalut? Walaupun efeknya tidak langsung, namun perasaan kering dan segar karena lebih sering mengganti pembalut dapat memberikan rasa nyaman secara psikologis. Selain itu lebih sehat ya ladies, terutama bila Anda termasuk yang mengalami pendarahan hebat saat menstruasi. Anda menghindari berkembang biakanya jamur dan rasa tidak nyaman.

6. Mandi Air Hangat atau kompres

Rasa sakit dari keram perut bisa diatasi tanpa obat-obatan dengan mengisi botol beling dengan air hangat. Lalu, letakan pada bagian tubuh yang nyeri. Selain itu, mandi dengan air hangat adalah tips mengatasi datang bulan ampuh. Mengkondisikan suhu tubuh yang nyaman dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit ketika datang bulan. Menambahkan tetesan aromatherapy membantu relaksasi dan mengatasi rasa sakit.  

7. Minyak Kayu Putih

Apakah Anda tahu? Rasa mual dan sakit perut juga bisa diatasi dengan menggunakan minyak kayu putih. Balur pada tubuh kala perut sedang berkontraksi hebat. Sensasi hangatnya dapat membuat tubuh nyaman. Otot perut dan bagian tubuh lainnya jadi lebih santai dan tubuh dengan sendirinya akan jauh lebih nyaman.



Demikian beberapa tips mengatasi datang bulan yang dapat dicoba kala PMS datang. Mengadopsi beberapa cara diatas dapat dicoba dan dibuktikan sendiri khasiatnya. Nah, apakah Anda bersedia mempraktekannya? Tiap kondisi tubuh wanita berbeda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan jawaban medisnya.  


 **

FEMINIM adalah julukan yang dalam bahasa kita identik dengan hal-hal tentang wanita. FEMINIM berasal dari kata dasar FEMININ yang entah kenapa malah lebih dikenal masyarakat.

FEMINIM.ID hadir untuk membahas tentang segala hal berbau tentang wanita mulai dari fashion, kecantikan, kesehatan, relationship, lifestyle, make up dan skin care bahkan masalah keuangan. 


Author : Yulie Dhanianty
Editor : Rini Novita Sari

0 Comments

Posting Komentar