Apa Saja Penyebab Keputihan, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Semua perempuan tentu pernah mengalami yang namanya keputihan. Mungkin kamu sudah tau bahwa keputihan adalah kondisi dimana miss V mengeluarkan cairan berwarna putih. Sebenarnya keputihan adalah hal yang normal girls, kalau cairan yang keluar tidak berbau, gatal atau nyeri. Nah, di sini aku akan memberikan penjelasan tentang apa saja penyebab keputihan serta bagaimana cara mengatasinya.


Keputihan merupakan reaksi alami tubuh yang berfungsi untuk membersihkan vagina. Tapi di sisi lain ada keputihan yang bermasalah atau dikatakan tidak normal. Nah, keputihan yang tidak normal ini bisa saja mengganggu aktivitas bahkan mengurangi rasa percaya diri. Jadi apa aja sih penyebab keputihan itu?

Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebab keputihan serta cara mengatasinya berikut ini

1. Infeksi Bakteri

Penyebab keputihan yang paling sering terjadi yaitu karena adanya spesies jamur yang bernama Candida albicans. Jenis jamur ini sering terjadi karena adanya stres yang berkepanjangan, penggunaan pil KB atau bisa juga karena mengkonsumsi antibiotik. Bakteri ini dapat membuat miss V kamu menjadi infeksi dan berakhir pada keputihan.

2. Vaginitis

Biasanya penyebab keputihan yang satu ini sering didapati pada perempuan yang menjelang menopause. Vaginitis merupakan jenis peradangan yang terjadi pada miss V karena adanya infeksi. Biasanya tanda-tanda keputihan yang disebabkan karena vaginitis adalah keputihan yang berbau tidak sedap.

3. Klamidia

Klamidia adalah penyakit menular seksual yang terjadi pada saat berhubungan sex secara vaginal, oral dan anal. Penyakit ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya keputihan yang berwarna putih kental dan yang terjadi sangat sering.

4. Alergi Cairan Pembersih

Penyebab keputihan yang satu ini paling sering terjadi. Saat ini sudah banyak produk pembersih miss V yang dijual bebas. Penggunaan cairan pembersih yang sembarangan akan menyebabkan alergi loh. Kita kan tau miss V itu adalah area yang sangat sensitif, siapa tau aja cairan pembersih yang kamu gunakan tidak cocok dengan miss V kamu girls.

5. Servisitis

Servisitis adalah radang pada ujung bawah rahim bukan vagina. Biasanya radang ini sering terjadi karena adanya infeksi menular seksual seperti klamidia, gonore, trikomoniasis, dan herpes kelamin. Kondisi ini adalah hal yang cukup parah karena sering ditandai dengan sakit saat buang air kecil, dan warna keputihan yang sangat tidak normal.

Itulah faktor-faktor yang bisa jadi penyebab keputihan girls. Nah sekarang bagaimana cara mengatasi keputihan itu? Simak tips-tips berikut

Cara Mengatasi Keputihan

Keputihan bisa kamu atasi dengan cara mandiri kok girls, tidak perlu ke dokter. Hanya dengan bahan alami seperti kunyit kamu sudah bisa menyembuhkan keputihan kamu yang gak normal.
Kunyit telah dikenal sejak dulu mampu membantu menghilangkan keputihan pada miss V. Cukup dengan meminum air perasan kunyit setiap hari. Cara mengatasi keputihan dengan kunyit yaitu ambil 2 buah kunyit yang sudah dikuliti kemudian parut. Setelah itu peras kunyit yang sudah diparut tadi dan tambahkan air secukupnya lalu minum. Kamu juga bisa menambahkan 1sdm madu murni agar bau dari kunyit gak nyengat banget.

Begitulah penyebab keputihan yang mungkin kamu alami girls, tapi gak perlu risau kok karena kamu bisa dengan mudah mengatasi keputihan dengan bahan alami. Selain itu, usahakan agar kamu rutin membersihkan area miss V kamu agar lebih bersih dan sehat.


***

FEMINIM adalah julukan yang dalam bahasa kita identik dengan hal-hal tentang wanita. FEMINIM berasal dari kata dasar FEMININ yang entah kenapa malah lebih dikenal masyarakat.

FEMINIM.ID hadir untuk membahas tentang segala hal berbau tentang wanita mulai dari fashion, kecantikan, kesehatan, relationship, lifestyle, make up dan skin care bahkan masalah keuangan.


Author : Eka Yuliana
Editor : Rini Novita Sari

0 Comments

Posting Komentar