Mudahnya Mengatur Bisnis Kuliner dan Meningkatkan Penjualan dengan GoBiz

Sadar nggak sih betapa berkembangnya bisnis kuliner di era digital seperti sekarang ini?
Bisa bandingin nggak sih sama 5 atau 4 tahun lalu?

Makan atau berburu kuliner udah masuk dalam list hobiku. Nggak heran deh kenapa timbangan berat badan selalu melaju ke kanan. Mencari asupan makan yang enak bagiku bukan sekedar bikin perut kenyang aja. Tapi kuliner bahkan jika bisa menemukan tempat makan baru bisa mengubah mood-ku jadi lebih baik

gobiz

Nah, ada yang lain lagi, selain menikmati makanannya aku sendiri sering memperhatikan, ngebatin (ngomong dalam hati), diskusi sama temen makan (kadang diskusi sama diri sendiri) tentang gimana sih konsep sama jalan bisnisnya warung, resto, café, atau merchant tempatku makan. 

Nggak tau deh ya, reflek aja selalu terpikir seperti itu. Mungkin nih, mungkin, bawaan karena aku anak ekonomi ya. hihi

Back to topic, akhir-akhir ini saat aku makan di resto, warung kecil, café, bahkan jajan kayak martabak dan lainnya yang ada di pinggir jalan tuh sering banget transaksi pembayaran secara cashless. Iya, bisa debit card atau e-money. Herannya, nggak hanya café atau resto besar aja gitu loh, bisnis UMKM pun banyak yang udah available cara pembayaran yang sama. 

Kayak contohnya kemarin aku makan di Hokben Suncity Sidoarjo nih,  di meja kasirnya udah banyak nyediain mesin edc dan juga beraneka cara pembayaran dengan e-money. Pas banget emang aku nggak bawa uang cash banyak. Cuman ad Rp30.000 di dompet. Hehe

Dari sini kalian sadar nggak sih kalau perkembangan bisnis bener-bener udah berubah ke arah lebih maju? Menggabungkan bisnis kuliner dengan teknologi itu sebuah tuntutan atau apa sih? Adakah manfaat lain dari penerapan teknologi dalam bisnis kuliner selain untuk lebih memudahkan?

Yuk mari diskusi bareng.

Perkembangan Bisnis Kuliner di Era Digital


gobiz

Di jaman serba digital seperti ini, bisnis kuliner bukan hanya sekedar persaingan enak dan nikmatnya makanan dan masakan. Lebih jauh dari itu, makna kuliner sendiri makin luas karena berbagai macam kemudahannya.

Yap, kemudahan baik bagi penjual maupun pembelinya. Kreativitas dan inovasi nyatanya jadi tuntutan bagi para pembisnis jika ingin usahanya makin diminati, angka penjualan naik, dan bisnis naik kelas.

Untungnya kebutuhan akan kreativitas dan inovasi ini dijawab oleh para anak muda modern yang kini banyak mendirikan startup-startup yang hadir untuk melengkapi dan tentu juga mensukseskan untuk perkembangan bisnis kuliner di Indonesia. Yap, startup yang membantu bisnis kuliner agar lebih gampang sampai ke masyarakat sebagai konsumen. 

Startup-startup berbasis teknologi ini banyak hadir dengan berbagai macam aplikasi yang dibangun sedemikian canggihnya hingga bisa melayani pecinta kuliner dan juga memudahkan transaksi para penjual. Yap, pemilik merchant dan juga para pelaku startup ini bak simbosis mutualisme yang saling menguntungkan gaes. 


Startup menyediakan aplikasi dan mendapat keuntungan dari penggunaan aplikasinya, sedangkan penjual bisa lebih mudah menaikan angka penjualan dan memperluas pemasaran. 

Peluang Terbuka Lebar Bagi Pebisnis Kuliner di Era Digital dengan GoBiz

gobiz

Setelah masuknya teknologi ke dunia kuliner dengan hadirnya aplikasi yang bisa men-support, semua orang nggak perlu lagi takut untuk membuka usaha makan atau kuliner baik besar maupun skala kecil. Kenapa harus takut? Banyak cara untuk memasarkan produk yang dijual ke masyarakat agar lebih dikenal bahkan sampai mendatangkan penjualan. Salah satunya dengan mendaftarkannya sebagai mitra Go-food. 

Saat ini sendiri kita pasti tahu lah ya, ada begitu banyak bisnis kuliner yang bisa kita akses dan beli produknya melalui satu aplikasi pintar bernama Go-food. 

Tahukah kamu kalau meningkatnya merchant atau mitra UMKM yang bergabung menjadi mitra Go-food akibat karena adanya manajemen merchant yang bisa dibilang nyaris sempurna bernama GoBiz?

Apa itu GoBiz?


GoBiz adalah sebuah aplikasi yang ekslusif atau khusus untuk para mitra Go-Food. Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur unggulan yang bsia dimanfaatkan oelh para pemilik bisnis. Berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan dalam aplikasi GoBiz.


  • Fitur Content Management

Fitur ini akan memudahkan para pemilik usaha kuliner untuk mengatur konten promosi di Go-food, menambah menu, ganti menu, memasukan foto produk. Praktis bukan? Dalam satu aplikasi para pelaku bisnis ini bisa melakukan banyak hal untuk kepentingan marketing dan manajemen.

  • Fitur Order Management

Nah kalau fitur ini akan membantu para pelaku bisnis kuliner untuk melihat perkembangan usahanya. Caranya pun mudah dikarenakan semua perkembangan usahanya bisa diamati dalam laporan yang telah terintegrasi dengan transaksi Go-Food. Jadi, setiap hari para pemilik bisnis in bisa melihat rekap orderan yang terjadi sekaligus mengamati perkembangannya.

Kelebihan Atau Keunggulan GoBiz Untuk Bisnis


Aplikasi super yang bernama GoBiz ini memang dimanfaatkan untuk mempermudah sistem kerja para merchant atau mitra Go-food. Berikut adalah beberapa kelebihan dan keunggulan GoBiz yang bisa langsung dirasakan oleh para mitra go-food atau merchant kuliner.

gobiz

1. Pesan Antar Makanan Online

Dengan mendaftar di aplikasi GoBiz maka para pengusaha kuliner akan terintegrasi dengan aplikasi go-food yang ini berarti bahwa produk jualannya akan semakin dikenal oleh masyarakat. Ini berarti pula kesempatan untuk menaikkan angka penjualan melalui orderan go-food akan semakin meningkat.

2. Mempermudah Operasional

Banyak fitur-fitur yang akan sangat mempermudah para pelaku usaha kuliner dalam hal operasionalnya seperti adanya fitur e-wallet go-pay, mengatur ketersediaan menu secara fleksibel, mengatur jam operasional, melihat detail daftar pesanan, bahkan dilengkapi dengan fitur verifikasi PIN untuk memastikan keamanan bagi para pemilik usaha atau persen kuliner.

3. Pembayaran Modern

Karena zaman sudah digital dan para konsumen pun udah lebih banyak yang menerapkan metode cashless dibandingkan membayar secara tunai, tentu para mitra atau pun merchant kuliner pun harus menyesuaikan diri. Untungnya dengan GoBiz pemilik usaha akan lebih nyaman karena GoBiz dapat menerima pembayaran dengan go-pay dan langsung ke dompet digital.

4. Sebagai Pencatatan Pemasukan dan Pengeluaran

Setiap bisnis pasti memerlukan pencatatan entah itu untuk mencatat pemasukan maupun pengeluaran. Hal ini untuk mempermudah para pelaku bisnis untuk mengetahui kondisi usahanya apakah dalam satu periode menghasilkan keuntungan atau malah kerugian. 

Nah semua transaksi pemasukan atau pengeluaran ini bisa pemilik pelaku usaha dalam aplikasi GoBiz . Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena udah dapat dipastikan semua pemilik usaha pasti suatu saat membutuhkan history arus kas baik masuk maupun keluar dan atas transaksi apa arus kas tersebut.

5. Pengaturan Promo untuk Pelanggan

Ada satu lagi yang menarik dari aplikasi keluaran Go-Jek yang akan sangat membantu operasional para mitra Go-Jek maupun merchant kuliner. Pasalnya di GoBiz terdapat satu fitur yang bisa membuat mereka mengatur promonya sendiri untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

6. Bisa Melihat Laporan Secara Terperinci

Tentu penting untuk pemilik usaha dapat melihat dan menganalisa kondisi bisnis kulinernya secara menyeluruh baik itu penjualan, rekap orderan, biaya-biaya yang muncul, hingga angka keuntungan maupun kerugian. Semua hal ini bisa didapatkan dengan mudah oleh para pelaku bisnis apabila menggunakan aplikasi GoBiz.


Kenapa penting melihat laporan? 

Yap, atas apa yang mereka lihat dalam laporan tersebut nantinya akan menentukan sikap atau keputusan apa yang harus diambil oleh para pelaku usaha demi kelangsungan bisnis kuliner nya.

7. Terintegrasi dengan Mesin Kasir Online Powered by Gojek

Kemudahan lain dari penggunaan aplikasi GoBiz adalah karena para pelaku usaha bisa mengaksesnya melalui mesin EDC  yang juga merupakan produk dari Go-Jek. Saat ini para mitra Go-Jek lebih dimudahkan karena bisa menggabungkan catatan order dari pelanggan yang langsung beli di tempat maupun dari orderan yang berasal dari go-food atau yang biasa disebut Point-Of-Sale atau P0S.

Nggak perlu takut apabila rekapan pesanan order yang melalui aplikasi go-food akan tercampur dengan pembelian atau orderan yang berasal dari pembelian di tempat. Hal ini dikarenakan melalui aplikasi Gobiz semua akan tercatat secara terperinci dilengkapi dengan history atau riwayat transaksi.

Bahkan mudahnya lagi, atas laporan-laporan ini bisa dikirimkan secara otomatis ke email pemilik usaha dalam jangka waktu H+1 setiap harinya.

Manfaat GoBiz Bagi Mitra atau Usaha Kuliner

gobiz


Berikut adalah beberapa manfaat yang pastinya akan dirasakan oleh para pelaku bisnis kuliner setelah memakai GoBiz untuk operasional bisnisnya: 

1. Memberikan Pengalaman Baru dan Kemudahan Layanan Bagi Konsumen

Dengan adanya aplikasi GoBiz maka para konsumen akan selalu dibuat nyaman serta diberikan pengalaman baru karena bisa dengan mudah melihat daftar menu serta harga yang tepat dan update tentang promo maupun diskon yang diberikan.

Tentu dalam bisnis sejenis ini kepuasan para pengguna setia go-food adalah yang utama, karena selain baik untuk go-food sendiri kepuasan yang dirasakan oleh konsumen juga akan berdampak baik terhadap kelangsungan bisnis kuliner tersebut.

2. Meningkatkan Volume Transaksi dan Nilai Penjualan

Nggak heranlah kalau para pengusaha kuliner ini akan mengalami peningkatan volume transaksi dan angka penjualan dikarenakan poin yang telah disebutkan di atas tadi. Kepuasan para konsumen yang terus konsisten akan membuka kesempatan untuk para mereka melakukan repeat order di kemudian hari. 

3. Mengembangkan Usaha

Peningkatan angka penjualan ataupun omset usaha akan membuka kesempatan untuk para pengusaha ini untuk memperluas dan mengembangkan usahanya misalkan yang tadinya masih usaha mikro kecil menjadi usaha kecil menengah. Bahkan bukan tidak mungkin nantinya para pelaku bisnis ini bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak untuk membantu bisnisnya.

Segera Download Aplikasi GoBiz di Playstore dan Temukan Berbagai Kemudahan Berbisnis Kuliner


Dari semua penjelasan di atas tentu kamu sebagai pemilik bisnis kuliner akan sangat tertarik untuk menggunakan aplikasi GoBiz guna menunjang usaha yang kamu miliki kan? Begini cara download aplikasi Gobiz yang perlu kamu tahu.
  1. Pastikan telah terdaftar sebagai mitra Go-Jek. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan usaha kamu sebagai mitra usaha Go-Jek entah itu terdaftar pada layanan go-pay maupun go-food.
  2. Instal aplikasi GoBiz yang ada di di Play Store 
  3. Buka aplikasi GoBiz dan masukkan nomor ponsel yang telah digunakan untuk mendaftar sebagai mitra usaha Go-Jek. 
  4. Kode OTP akan segera dikirim ke nomor yang kamu masukkan, lalu proses verifikasi pun akan segera dilakukan, dan, 
Selamat bergabung dan selamat menggunakan aplikasi GoBiz dan rasakan semua manfaatnya untuk bisnis kuliner kamu.

51 komentar

  1. Info baru.. eh kalau fitur buat pengusaha craft ada ga' mbak?

    BalasHapus
  2. UKM di Kediri udah banyak yang pakai SPOTS juga lho mba Rin. Penetrasinya bagus banget yah Gojek ini, pdahal kan Kediri itu bukan kota besar kayak Malang atau Surabaya. Udah makin menjamur usaha kuliner di wilayah sini dan pakai SPOTS.

    BalasHapus
  3. Keren banget tulisannya mbak. lengkap dan terupdate. jadi suka bacanya.

    BalasHapus
  4. Dari namanya kayak udah familiar. Eh ternyata dari Gojek juga. Ingetnya provider internet biz itu.

    BalasHapus
  5. Di era milenia ini banyak berkembang berbagai platform digital yang membantu perkembangan bisnis atau usaha kita salah satunya GoBiz ini. Sehingga pemilik usaha bisa memonitoring usahanya

    BalasHapus
  6. Makin maju aja ya dunia perkulineran
    GoBiz ni aku blm pernah liat, mungkin karena jarang jajan dan istri yg blanja blanji nya hehe

    Sukses GoBiZ hehe

    BalasHapus
  7. Eh keren ya, semudah itu transaksinya bagi pembeli, dan sedetail itu layanan bisnisnya bagi penjual.

    BalasHapus
  8. Go Biz keren nih kak, jadi simple buat pengusaha kulinernya maupun pembelinya ya. Ntar download ah... Aku belum makai soalnya wkwkw sudah 2 bulanan nggak nge - mall

    BalasHapus
  9. Aplikasi GoBiz ini pasti berguna banget sih buat UMKM. Di zaman serba modern seperti sekarang, UMKM pun bisa lebih mengembangkan usahanya dengan memakai teknologi, ya salah satu yang bisa dipake ya GoBiz ini. Apalagi udah terintegrasi sama SPOTS

    BalasHapus
  10. Sayangnya GoBiz hanya ada di kota besar. Melihat manfaat dan peluang GOBIZ ini kehadirannya pasti ditunggu banyak pengusaha kuliner di daerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga cepat bisa merambah ke daerah2 lain ya

      Hapus
  11. Di jakarta dan depok jg udh banyak restoran yang menggunakan gobiz ini, memang memudahkan untuk bisniz kuliner ya

    BalasHapus
  12. Wah...ini fitur baru lagi yah, makin dipermudah aja kita yah, memang di zaman yang serba online ini banyak kemudahan yang kita rasakan.

    BalasHapus
  13. Bisnis kuliner memang ga ada matinya apalagi makanan dan minuman pasti laris ditambah ada gobiz jadi makin mudah penjualannya. Jadi Pengen bisnis kuliner juga dehh.

    BalasHapus
  14. kalau kupunya bisnis kuliner,pengen aku daftarin beginian biar cashless, dan ga susah nyari uang kembalian juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia. Nyari uang kembalian emang jadi pe er. Nunggu kembaliannya juga kadang nggak sabar. Mending cashless kayak gini.

      Hapus
  15. Gojek ini emang ga berenti-brentinya bikin inovasi baru ya, dan emang berdaya guna banget produknya. Semua jadi makin praktis pakai Gobiz mantaplah pokoknya sukses terus Gobiz

    BalasHapus
  16. Wah, keren banget Gobiz bisa bikin sukses berbisnis kuliner. Jadi pengin nyobain, tapi di sini ga da gojek, huhu.

    BalasHapus
  17. Pernah daftar ini terkait gofood. Tapi gak sya terusin. Mungkin kalau diterusin bisa mempermudh bisnis ya

    BalasHapus
  18. di tempat saya belum ada. tapi kalau ada perlulah mencobanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss... di area rumahku juga belum ada, maklum di pelosok hutan karet aku Mas :)

      Hapus
  19. Wah, setelah SPOT sekarang GoBiz. Ada banyak inovasi berjualan yang membuka lebih banyak peluang bagi para pedagang. Sipp... saya ikut senng mengetahuinya

    BalasHapus
  20. Cocok banget dengan kondisi saat ini yang lagi harus #dirumahaja jadi bisa ikutan daftar gobiz biar orderan tetap banyak ya, mbak.

    BalasHapus
  21. wahhhh ini bagus sekali, sangat menguntungkan tenant. Jadi lebih mudah melakukan promosi dan pencatatan :)
    Jadi lebih rapih juga :)

    BalasHapus
  22. Ada kepikiran buat bisnis usaha kuliner karena zaman sekarang sangat membantu dnegan adanya gofood. Apalagi dengan gobiz, bisa semakin membantu mengatur toko kita ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Aku juga, loh.
      Liat kebanyakan usaha kuliner itu yang antre adalah para ojol.

      Hapus
  23. Saat seperti ini dimana peredaran uang harus ditekan ke arah non tunai... hadirnya go biz... pas banget..menguntungkan baik bagi konsumen dan pelaku usaha

    BalasHapus
  24. pasti langsung diramein mak2 blogger. dagang dagang ...

    BalasHapus
  25. Bisnis yang sudah terintergrasi misalnya Go-Biz dengan SPOTS, merupakan langkah yang sangat memudahkan konsumen nih Mba. Aku suka ama yang praktis-praktis begini euy.

    BalasHapus
  26. Mantul nih Gobiz makin praktis aja kl mau buka usaha kuliner. Palagi jelang bulan Ramadam makin banyak orang searching takjilan pake Gofood. sudah terintegrasi dg aplikasi SPOT pula ya

    BalasHapus
  27. fitur dari gobiz sangat bagus apalagi bisa digunakan untuk sukses di bisnis kuliner. kerenn

    BalasHapus
  28. Jaman now semua serba mudah ya. Termasuk layanan gobiz buat masyarakat Indonesia. Apalagi saat skrg lbh mudah order kuliner secara online. Thx ulasannya ya...

    BalasHapus
  29. Zaman sekarang asal ada kemauan aja, sepertinya jalan untuk memiliki usaha itu tidak lagi begitu sulit ya. Mbak. Apalagi sejak adanya fitur gobiz ini, usaha rumahan pun bisa dijadikan usaha online.

    BalasHapus
  30. semakin mudah para pebisnis ukm, apalagi dengan adanya gobiz, fiturnya sangat lengkap. Semoga para pembisnis semakin jaya. amin
    BeHangat.Com

    BalasHapus
  31. Kalau di Balikpapan sepertinya GoBiz belum terkenal deh. Ternyata dari GoJek toh, entahlah sekarang apakah sudah ada di Balikpapan.

    BalasHapus
  32. Wah GoBiz ini sangat menarik ya. .. Sangat membantu UMKM dalam mengembangkan usahaya. Bagi konsumen ini juga sangat membantu sekali, sebab tidak perlu ke luar rumah untuk beli makanan. Tinggal pesan saja lewat GoBiz

    BalasHapus
  33. Kupikir Gobiz itu platform baru ternyata ada didalam gojek ya..berarti buatan anak bangsa ..keren deh bisa membantu UMKM

    BalasHapus
  34. Siapa sih yang gak mau pembukaan rapi, gobiz ini satu management dengan gojek ya, jadi bisa double untung ya.. bisa double jika ikut daftarkan usaha makanan khususnya di gofood

    BalasHapus
  35. wah gobiz memudahkan sekali untuk pelanggan dan penjual ya. ini downloadnya di playstore aja? di appstore ada gak kakak? mau download juga haha

    BalasHapus
  36. GoBiz power by gojek? Wah baru tau .
    Harus daftar dulu nih jadi mitra biar dapet keuntungan lebih kalo pake GoBiz.

    BalasHapus
  37. Info baru nih. Saya baru dengar ada GoBiz. Asyik nih bisa pake gojek.

    BalasHapus
  38. Jadi sekarang mitra GoFood nya Gojek ada aplikasi khususnya ya Mbak. Keren banget aplikasi GoBiz ini, semakin keren saja Gojek

    BalasHapus
  39. Aku pernah nih sengaja donlot dan intip-intip isi aplikasinya. Tapi kayaknya belum bisa jadi mitra go-food. Kekeke. Menarik yaa, semua semakin terintegrasi dalam satu aplikasi besar.

    BalasHapus
  40. Cocok nih buat para pegiat usaha kuliner. Semoga banyak yang pakai Gobiz

    BalasHapus
  41. Aih, saya penasaran, inovasi apa yang dibuat GoBiz agar bisa mengatasi dampak resesi karena pembatasan yang sekarang. Sebagian besar penduduk dunia stag di satu titik, bertahan agar tidak tumbang. Itu artinya lebih dari separuh calon konsumen. Sediiiih...

    BalasHapus
  42. Gobiz selalu memudahkan pembeli dan penjual, apalagi di jaman cashless nih, jadi makin simpel klo mau jajan.

    BalasHapus
  43. GoBiz meringankan penjual yah. Udah semua fitur lengkap. Semoga para mitra masih bertahan nih di tengah pandemic. Atau jangan-jangan malah banyak yang beralih ke bisnis kuliner nih supaya survive.

    BalasHapus
  44. Baru dengar ini mbak tentang gobiz, apakah ini sudah bisa diterapkan diseluruh Indonesia atau daerah tertentu saja?

    BalasHapus
  45. Makin keren aja inovasi do Gojek
    Sekarang ada Gobiz yang bakal memfasilitasi dan memanjakan pengusaja kuliner

    BalasHapus
  46. Bisnis kuliner menjamur mbak sekarang. Apa aja ada deh. Apalgi di Surabaya ya. Jadi ngebantu banget kalau ada Gobiz ini. Eh, mbak sidoarjo ya?

    BalasHapus
  47. Adanya Gobiz makin mendukung mitra Go Food Gojek mengembangkan usahanya dan memberi servis terbaik untuk para customer.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon