Kenali 5 Tanda Hubungan yang Sehat Ini

Ketika menjalin sebuah hubungan atau relationship mungkin saja kamu penasaran apakah hubunganmu dengan pasangan benar benar sehat. Apalagi jika kamu sering banget bertengkar karena hal hal tertentu. Mungkin saja kamu makin bertanya tanya "seperti apa sih tanda hubungan yang sehat itu"?

Tanda Hubungan yang Sehat



Nah, untuk menjawab pertanyaan mu tersebut, di bawah ini akan dibahas mengenai hubungan atau relationship yang sehat. Karena mungkin saja, beberapa kebiasaan mu dalam hubungan ini jadi pertanda bahwa hubungan mu baik baik saja atau justru bermasalah. Tanda ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah hubungan mu akan langgeng. Ini nih check list untuk beberapa tanda hubungan yang berkualitas baik.

Tanda Hubungan yang Sehat dengan Pasangan

Ada beberapa hal atau pun kebiasaan yang menjadi tanda bahwa hubungan mu dan pasangan dalam kondisi yang sehat. Perhatikan beberapa poin berikut ini.

1. Paham dengan pentingnya "personal space" dalam sebuah hubungan

Dalam sebuah hubungan yang sehat, kamu harus tahu bahwa adanya personal space alias waktu untuk dunianya sendiri menjadi hal yang penting. Kamu dan pasangan tak selalu harus bersama, karena kalian juga memiliki kehidupan sendiri yang akan meningkatkan kualitas hidupmu. Misalnya saja berkumpul dengan keluarga, teman teman, melakukan hobi, bekerja, atau pun sekedar me time.

2. Kamu dan pasangan memiliki kesamaan prinsip

Menjalani hubungan tanpa memiliki nilai atau tujuan mencerminkan bahwa kualitas hubungan mu tidak sehat. Karena dalam menjalani sebuah hubungan kamu perlu memiliki visi dan misi yang jelas. Jika tujuan tersebut tidak dimiliki, tentu saja akan ada banyak perbedaan prinsip dan membuat hubunganmu tidak akan langgeng.

3. Saling percaya dan tidak negative thinking

Adanya rasa memiliki dalam sebuah hubungan, tak jarang menimbulkan kecurigaan dan negative thinking yang berlebihan. Padahal sejatinya, dalam sebuah hubungan diperlukan rasa saling percaya sehingga pasangan bisa lebih terbuka menceritakan segala sesuatu.

4. Hubungan yang ngga menuntut perubahan

Tanda hubungan yang sehat selanjutnya adalah kamu dan pasangan tidak menuntut masing masing untuk berbah. Dalam artian perubahan sesuai keinginanmu, contohnya saja harus cantik, harus pintar, harus pakai make up, dan lain lain. Perubahan seperti ini menandakan bahwa hubunganmu bukan didasari rasa cinta dan ketulusan.

5. Harus saling mendukung dalam berbagai hal

Jika salah satu pasangan memiliki keinginan atau passion dalam hal tertentu, sebaiknya diberikan support dan dukungan. Meski yang ia lakukan tak sesuai dengan passion mu, bukan berarti kamu juga harus melarangnya untuk tidak melakukan hal tersebut. Justru kamu harus terus menyemangati dan memotivasinya selama yang dilakukannya tidak melanggar aturan.

Nah, sudah tahu kan apa saja tanda hubungan yang sehat itu? Perhatikan apakah hubungan mu dengan pasangan memiliki tanda tanda di atas! Jika ya, selamat semoga hubung amu dan pasangan bisa langgeng dan harmonis. Jika sebaliknya, sebaiknya ubah kebiasaanmu dan pasangan dalam menjalani hubungan yang lebih sehat.

0 Comments

Posting Komentar