6 Tips Menjaga Kehamilan Trimester Awal

Perlu diketahui ladies, kehamilan trimester awal membuat dilema kaum wanita loh. Pasalnya trimester awal masih rawan keguguran dan menimbulkan kelainan pada bakal janin maupun sang ibu jika lalai menjaganya. Sebagai calon ayah dan ibu wajib menjaga kehamilan sampai kelak melahirkan, bahkan banyak ladies memilih badrest loh saat tahu dirinya hamil.

Tips Menjaga Kehamilan Trimester Awal

Kehamilan fase awal, kamu akan mengalami perubahan hormon tubuh maupun emosional. Bahkan kamu yang biasanya pendiam bisa berubah cerewet dan menolak di atur loh, ada juga ladies yang mendadak menyukai tantangan adrenalin. Semua perubahan itu karena bawaan bayi yang masih tak menentu.

Namun, usahakan menjaga kehamilan trimester awal dengan baik sehingga perkembangan bayi bagus. Pasalnya trimester tersebut adalah perkembangan embrio menjadi janin sampai terbentuk sempurna sembilan bulan, berikut ada tips menjaga kehamilan trimester awal yang dipraktekan, yaitu:

1. Tidak Menyantap Makanan Mentah

Zaman milenil ini beragam makanan mentah di sajikan di berbagai restoran, sah-sah saja kamu menyatap makanan setengah matang atau mentah saat tidak hamil. Namun, tatkala hamil pantang menyantap makanan tersebut karena janin bisa terinfeksi bakteri berbahaya. Alhasil ladies dan keluarga akan was-was dan menyesal jika terjadi hal buruk pada janin.

2. Tidak Menjadi Prokok Aktif Maupun Pasif

Ladies tidak merokok tetapi menjadi perokok pasif? Segera jaga diri saat dinyatakan hamil. Jangan salah loh, merokok maupun menjadi perokok pasif bagi bumil sangat membahayakan keselamatan janin loh. Jika suamimu perokok sebaiknya hindari saat ia merokok agar janin berkembang dengan sempurna dan sehat sampai melahirkan, untuk suami juga harus peka istriya hamil. Jangan sampai kebiasaan buruk mengorbankan calon buah hati tercinta.

3. Rajin Berolahraga Ringan

Siapa bilang bumil dilarang berolahraga di trimester awal, boleh aja kok asalkan ringan sehingga tak memerlukan tenaga yang besar. Ladies dapat berjalan kaki di pagi bersama suami maupun sendirian, bahkan yoga tepat dilakukan loh sehingga pikiran lebih rilkes. Sejatinya, bumil yang rajin berolahraga lebih nyaman dan memiliki pemikiran yang positif. Bahkan olahraga ringan ampuh mengurangi mual, pusing dan malas beraktifitas. Dijamin tubuh selalu bugar dan ceria.

4. Tidak Berkendara Jauh

Ladies termasuk pekerja yang setiap hari harus ngantor? Sah-sah saja hamil dibawa bekerja. Namun, usahakan tidak berkendara jauh mengendarai motor seorang diri. Mintalah suami atau keluarga mengantarmu ke tempat bekerja agar guncangan kendaraan tidak terlalu dirasakan. Dengan begitu kehamilan tetap sehat dan seluruh kegiatan berjalan lancar.

5. Pemeriksaan Rutin

Udah kewajiban bumil periksa ke bidan atau pos kesehatan setiap bulan loh, sayangnya masih banyak ladies yang menolak periksa rutin setiap bulan. Padahal menjadi langkah tepat menjaga calon buah hati sampai kelak melahirkan, apalagi bidan akan mengecek kondisi janin dan memberikan vitamin maupun penambah darah. Dijamin bumil dan janin selalu sehat dan terjaga jika rutin periksa, jika kamu malas usahakan fokus pada janin sehingga kehamilan menyenangkan tanpa hambatan.

6. Menghindari Merkuri

Bumil erat kaitannya dengan ngidam yang aneh-aneh, boleh saja kamu ngidam makanan laut maupun darat. Usahakan menjauhi merkuri yang terkandung dalam makanan laut seperti ikan, pilihlah jenis ikan tanpa merkuri seperti salmon yang bagus bagi pertumbuhan janin.

Memang gampang-gampang sulit menjaga kehamilan trimester awal, tetapi pengorbanan dan kejelian tersebut adalah pengalaman berharga. Ladies dan pasangan harus saling menjaga dan megingatkan agar calon buah hati sehat sampai melahirkan, hal tersebut adalah kebahagiaan tak ternilai harganya.

0 Comments

Posting Komentar