10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Pasti Ampuh!

Apa kabar para bunda? Apakah sedang ruwet menghadapi sang buah hati yang mogok makan? Pasti lelah ya bund, merencanakan menu, membujuk bahkan mengancam anak agar mau makan. Sebelum mencoba berbagai cara mengatasi anak susah makan ketahui dahulu akar masalahnya.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Kembali Nafsu Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Tahu kan bunda kalau orang dewasa saja bisa malas makan. Nah, anak kita juga sama saja. Anak bisa sedang tumbuh gigi, sakit atau bosan dengan menu yang itu-itu saja. Jadi, hadapi masalah anak tidak berselera makan sesuai sebabnya.

Lantas, lakukan trik mudah berikut sebagai solusinya. Mudah kan? Dicoba dulu ya bunda, semoga beberapa cara mengatasi anak susah makan berikut ada yang cocok diterapkan dengan sang buah hati.

1. Kombinasi Makanan

Anak-anak cenderung mendahulukan yang enak daripada yang penting. Jadi nutrisi adalah hal terakhir dalam pikirannya. Bisa saja anak sedang suka dengan hamburger dan ayam goreng serta menolak makanan lainnya. Nah, bunda harus pintar-pintar mengatur penyajiannya. Bisa dibarengi dengan sayuran atau memberikan hamburger dengan sayuran lebih banyak sebagai topping. Pikirkan gizi seimbang saat membuat masakan bagi anak tersayang.

2. Penyajian Mengundang Selera

Tahu kan bun, kita makan dengan mata sebelum dengan indra lainnya. So, kalau penyajian atraktif tentu bisa menambah nafsu makan. Jangan samakan anak-anak dengan dewasa ya bun. Gunakan imajinasimu kala menyajikan makanan. Bunda bisa membentuk piring dengan tokoh kartu kesukaan sang buah hati atau penataan mirip bunga dan kreasi lainnya. Ada banyak loh ide kreatif penyajian yang bisa dilihat secara online.

3. Penyajian Sayuran yang Kreatif

Nah, ini adalah masalah klasik bagi anak-anak. Konotasi sayur-mayur adalah tanpa rasa bahkan ada yang terasa pahit bila kurang bisa mengolahnya. Lantas, orangtua harus lebih memperhatikan penyajian sayuran agar lebih menggoda. Kan, sayur tidak mulu harus berkuah atau dalam potongan besar. Cincang halus atau potong dadu untuk menyamarkan bentuk aslinya. Jadi anak tidak merasa dirinya sedang makan sayuran.

4. Variasi Menu

Apakah Bunda sering enggan memvariasikan makanan sang buah hati karena takut tidak akan dimakan? Nah, itulah yang buat anak bisa malas makan. Anak sewaktu-waktu akan semangat makan satu jenis makanan saja, tapi bisa juga ia bosan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Tenang bun, siasati makanan lain sebagai cemilan atau opsi lain. Jadi Bunda tetap menyediakan menu kesukaannya namun tetap membarengi menu lainnya. So, anak akan terbiasa melihat berbagai macam menu dan bebas mencicipinya.

5. Tidak Menghindari Menu Cepat Saji

Kala bosan masak mungkin Bunda pernah menyajikan santapan cepat saji. Hati-hati ya Bunda, bila terlalu sering nanti sang buah hati justru jadi malas makan menu lain. Memang menyantap kentang goreng, ayam goreng, hamburger, pizza sesekali sah-sah saja.

Melarang berlebihan justru akan buruk nantinya, jadi coba buat menu cepat saji sendiri, pasti lebih sehat dibandingkan beli. Walau tidak kreatif kan Bunda bisa meniru resep cepat saji secara online yang sehat tapi tetap menggugah selera.

6. Memberikan Contoh

Bagaimana anak bisa lahap bila melihat bunda, ayah atau saudara lainnya juga malas makan. Perhatikan jadwal makan bersama dan kebiasaan di meja makan. Mungkin kamu makan sambil nonton TV, main HP atau tidak makan bersamaan. Anak akan menantikan saat makan bila dibuat sebagai kegiatan rutin keluarga. Ingat loh Bund, anak mencontoh orang tuanya.

7. Makan di Luar

Tidak ada salahnya untuk sesekali makan di luar. Tidak harus menunggu hari khusus atau saat Bunda sibuk dan malas masak. Anak bisa nafsu makan dengan suasana dan menu yang belum pernah dicoba sebelumnya. Berikan pengalaman wisata kuliner agar wawasan tentang makanan sang buah hati jadi lebih beragam. Seru kan?


Bagaimana Bunda? Apakah dapat inspirasi mau masak apa hari ini? Bunda bisa coba beberapa cara mengatasi anak susah makan dengan berbicara dengan si kecil dan terapkan beberapa tips yang sudah dibahas di atas. Jangan patah semangat kalau anak tidak langsung berubah jadi lebih nafsu makan. Lakukan berlahan, bertahap dan tambah dengan vitamin untuk tambahan asupan nutrisinya.

3 komentar

  1. Kalau saya makan di luar pasti menambah selera. Soalnya suasana baru. Mungkin mereka bosan makan di rumah dengan suasana yang itu-itu saja.

    BalasHapus
  2. Tunggu...tunggu... saya nyimak nich...kenapa judulnya 10 kok di saya tampilnya cuman 7 ya .... btw... makan diluar sesekali.. cara itu ampuh juga buat anak saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bang aku lagi nyari-nyari 3 lagi kemana. anakku juga kalau udah susah makan, tinggal tanya mau go food apa kita hari ini?

      Hapus


EmoticonEmoticon