Cara Memilih Makanan Kucing Anggora yang Tepat untuk Peliharaan Kesayangan

Apakah kamu baru saja memelihara kucing anggora dan bingung memilih makanan yang tepat? Sebagai cat lovers, kamu wajib tahu nih kalau pemilihan makanan kucing anggora itu ngga boleh sembarangan.

Makanan kucing anggora

Karena makanan yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi kesehatannya, termasuk organ cerna dan bulunya. Jika asal memilih makanan kucing anggora, bisa-bisa pupnya jadi encer dan bau loh. Bahkan bulu cantiknya bisa jadi rontok dan terlihat kumal.

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya perhatikan beberapa cara memilih makanan kucing yang tepat buat anggora milikmu.

Cara Memilih Makanan Kucing Anggora

Di bawah ini ada beberapa cara memilih makanan yang tepat untuk kucing anggoramu.

1. Memilih makanan kucing berdasarkan kandungan nutrisi di dalamnya

Poin penting yang tak boleh kamu lewatkan saat memilih makanan kucing anggora adalah kandungan nutrisinya. Nutrisi memegang peranan penting agar kesehatan kucing kesayanganmu tetap terjaga. Maka dari itu, pilihlah makanan khusus yang memiliki komposisi berikut ini.

  • Kandungan protein yang cukup minimal 25 persen
  • Asam arakidonat atau aracihidonic acid
  • Mengandung magnesium yang berkadar rendah
  • Rendah lemak
  • Memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup seperti thiamin, niachin, vitamin A dan vitamin B 12
  • Kandungan pH makanan yang rendah
  • Kalori seimbang

2. Memilih makanan berdasarkan faktor usia dan kondisi kucing

Cara yang kedua, yakni memilih makanan kucing anggora berdasarkan faktor usia dan keadaan. Kamu wajib banget nih memperhatikan berapa usia kucing kesayanganmu. Karena semakin berumur, kucingmu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak loh.

Selain itu, usia dan kondisi tubuh juga mempengaruhi selera makan kucing. Maka dari itu, sebelum memilih pakan kucing yang tepat sebaiknya perhatikan kebutuhan berikut.


  • Makanan untuk anak kucing anggora yang berusia di bawah 1 tahun

Perlu kamu tahu, bahwa anak kucing sudah bisa makan sejak usianya 3 hingga 4 minggu. Namun makanan yang diberikan pun juga tak sembarangan. Pasalnya, diusia tersebut anak kucing belum dapat mengonsumsi makanan kering cepat saji.

Maka dari itu, kamu perlu memilihkan makanan yang masih berupa cairan. Beri makanan tersebut dengan memakai pipet tetes, supaya anak kucing mampu menelan dan mencernanya.

Setelah lebih dari 2 minggu, baru nih kamu bisa melatihnya untuk pemberian makanan kering cepat saji. Caranya yakni tambahkan sedikit air pada makanan kucing siap saji. Tujuannya adalah untuk membuat makanan kering lebih lunak, sehingga anak kucing mampu menelannya. Jika sudah mampu memakannya, kamu ngga perlu lagi buat menyuapi anak kucing tersebut.


  • Makanan untuk kucing anggora dewasa dengan usia di atas 1 tahun

Jika kucing anggora kesayanganmu usianya sudah mencapai di atas 1 tahun, kamu bebas nih memilih makanan kering cepat saji. Meski begitu, pilihlah makanan yang mengandung tinggi kalori.

Apalagi diusia ini kucing anggora telah memiliki berat mencapai 4 - 5 kg. Sehingga tentu saja, kebutuhan makanan juga haruslah sesuai dengan berat tubuhnya. Dengan berat tersebut, kamu bisa memberikan makanan yang mengandung kurang lebih 300 kalori setiap hari.


  • Makanan untuk kucing dalam kondisi hamil atau menyusui

Tak hanya ibu hamil loh yang membutuhkan tambahan nutrisi saat hamil. Kucing pun juga perlu untuk menjaga kandungannya agar tetap sehat. Dengan takaran makanan yang lebih banyak, kucing anggoramu akan tetap bertenaga saat hamil ataupun menyusui. Sebaiknya, pilihlah makanan kucing anggora yang memiliki kandungan protein tinggi.

Pada kondisi hamil dan menyusui, kucing membutuhkan tambahan protein hingga 2 kali lipat dibandingkan kebutuhan biasanya. Pilihlah juga makanan yang mengandung tambahan vitamin saat kucing tengah menyusui. Jangan sampai kucingmu lemas harus menyusui anaknya, karena asupan nutrisi yang diberikan kurang.

3. Memilih makanan kucing dengan label balanced

Punya kucing anggora tapi asal memilih makanan meski kualitasnya meragukan? Eitss, sebaiknya hindari deh kebiasaan ini! Gantilah makanan kucing kesayanganmu dengan pakan yang punya label balanced.

Label pada kemasan ini, menjadi tanda bahwa pakan kucing telah sesuai standar untuk makanan kucing anggora. Jadi kamu ngga perlu khawatir lagi nih soal kualitas komposisi dan keseimbangan pakan kucing tersebut.

4. Memilih makanan khusus untuk kucing anggora

Terkadang, beberapa pemilik kucing yang masih awam memberikan pakan anjing loh untuk kucing anggora miliknya. Padahal, makanan ini bisa membahayakan kesehatan kucing anggora peliharaanmu.

Karena makanan anjing mengandung zat taurin yang dapat merusak retina mata kucing anggora. Tentu saja, efeknya bisa membuat kucing kehilangan penglihatannya. Bahkan pada kasus yang parah, zat taurin dapat menjadi menjadi penyebab kematian kucing. Hal ini dikarenakan efeknya yang merusak fungsi organ jantung kucing.

Itulah tadi 2 cara memilih makanan kucing anggora yang bisa kamu terapkan. Cara di atas tentunya akan memudahkanmu nih dalam menentukan pakan yang tepat. Hasilnya, kucingmu akan tetap sehat dan terawat. Tentu kamu ngga ingin kan jika kucingmu tampak lemah dan tak terurus? Sebagai cat lovers, jangan asal deh memberikan makanan kucing buat peliharaan kesayanganmu!




0 Comments

Posting Komentar