8 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Meminimalisir Resiko Terpapar Virus Korona

Saat ini dunia tengah dihebohkan dengan mewabahnya virus korona atau Covid-19. Banyak media maupun ahli kesehatan mengatakan bahwa salah satu cara pencegahannya adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Meski belum terbukti, tapi dengan daya tahan tubuh yang baik seseorang bisa meminimalisir resiko gejala yang dialami loh. Berikut ini adalah tips yang biasa saya lakukan untuk menjaga kesehatan dalam upaya mencegah terjangkitnya virus korona.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 


8 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Meminimalisir Resiko Terpapar Virus Korona

Wabah virus korona yang makin meningkat bisa menjangkit siapapun, termasuk kita. Makanya sejak awal pandemi, saya berusaha buat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi atau meminimalisir resiko virus korona dengan cara ini.

1. Pola makan yang teratur

Sering melewatkan jam makan entah itu sarapan, makan siang, ataupun makan malam? Di masa pandemi seperti sekarang, saatnya kamu harus merubah pola makanmu jadi lebih baik. Biasakan untuk makan tepat waktu.

Namun di bulan puasa seperti saat ini, ada baiknya selalu makan sahur dan berbuka. Dengan begini tubuh menjadi lebih kuat dan ngga gampang lemas. Tentu saja efeknya bakal meningkatkan daya tubuhmu jadi tetap sehat.

2. Penuhi kebutuhan nutrisi

Sebisa mungkin, saya selalu memenuhi asupan nutrisi dalam setiap porsi makanan. Karena tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup, supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Nutrisi buat tubuh bukan hanya daging dagingan loh. Melainkan, kamu juga membutuhkan sayur-sayuran dan buah-buahan yang cukup.

Lantaran bahan makanan tersebut mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, air, mineral, zat besi, karbohidrat, serat, dan lain sebagainya. Pastikan kebutuhan nutrisi dikonsumsi secukupnya, tidak kurang maupun berlebihan.

3. Konsumsi air minum secukupnya

Air memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, karena lebih dari 60% bagian tubuh terdiri atas air. Kebutuhan air minum ini pun berbeda loh pada masing-masing orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh berat badan, cuaca, aktivitas, usia, dan lain lain. Namun nggak jarang nih beberapa orang sering melewatkan minum air.

Padahal efeknya bisa bikin dehidrasi, lemas, kurang konsentrasi, gangguan pencernaan, dan lain lain. Nah, untuk mengatasinya, saya pun selalu menyempatkan diri buat selalu minum tiap jam. Dan jangan lupa juga, untuk selalu bawa botol air minum kemana pun kamu pergi.

4. Mengonsumsi tambahan makanan atau suplemen untuk kekebalan

Untuk mencegah tubuh terpapar virus korona, kamu wajib nih untuk mengonsumsi makanan tambahan. Ada banyak jenis makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, contohnya seperti rempah-rempahan. Berbagai bahan rempah yang biasa kita jumpai seperti ekstrak kunyit, jahe, temulawak, kencur, dan ekstrak rempah lainnya.

Selain tambahan makanan, kamu juga bisa loh mengonsumsi tambahan suplemen untuk vitamin. Suplemen ini bisa berbentuk tablet, pil, maupun minuman yang menyegarkan. Namun saya sendiri lebih memilih untuk mengonsumsi tambahan makanan dibandingkan suplemen. Karena dari segi manfaat, tentunya akan lebih bermanfaat dari bahan alami bukan?

5. Istirahat cukup

Bagi kamu yang saat ini sudah menerapkan stay at home dan work from home, tentu saja waktu istirahat jadi lebih panjang. Namun bagi kamu yang masih harus bekerja keluar rumah, sebaiknya jangan terlalu memforsir tubuh.

Istirahatlah jika merasa sudah capek, tubuh lemas, maupun mengantuk. Karena kondisi yang kurang fit akibat kurangnya istirahat, bisa menurunkan imunitas tubuh loh. Hindari juga nih begadang di malam hari. Atur waktu tidur dengan baik,  kurang lebih selama 7 - 8 jam per hari.

6. Rutin olahraga

Sejak sebelum virus korona menyerang, saya sudah rutin nih melakukan olahraga setiap hari. Karena bagi saya, olahraga adalah kegiatan menyehatkan yang ngga boleh dilewatkan. Nah, bagi kamu yang dulunya jarang banget berolahraga, kini saatnya kamu buat melakukan rutinitas tersebut.

Namun satu hal yang perlu diingat, lakukan setiap latihan sesuai kemampuan. Jangan terlalu memaksakan untuk olahraga berat. Apalagi bagi kamu yang baru saja memulai aktivitas olahraga, tentu latihan secara bertahap sangatlah penting.

Tak perlu olahraga berat, cukup lakukan lari-lari kecil ataupun jalan-jalan pagi. Bagi para orang tua, ajaklah untuk olahraga ringan yang sesuai kemampuannya. Karena di usia ini, seseorang akan lebih rentan terkena infeksi dan menurunnya daya tahan tubuh.

Dengan aktivitas fisik yang tepat, akan banyak manfaat kesehatan yang kamu dapatkan. Tubuh menjadi lebih bugar, dan terhindar dari resiko terkena flu, pilek, radang tenggorokan, serta demam yang menjadi gejala corona.

7. Mengelola stres

Lagi banyak masalah dan membuatmu rentan mengalami stres? Eitss, sebaiknya segera deh kelola stresmu biar sistem imun tidak melemah! Berpikirlah santai dan jangan terlalu berpikir terlalu keras untuk setiap hal. Nah, untuk mengelola stres saya biasanya melakukan beberapa kegiatan untuk menyenangkan diri.

Misalnya saja meditasi, mendengarkan musik, menonton film komedi, dan lain-lain. Kamu juga bisa loh meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan. Dengan begini, pikiranmu jadi lebih tenang dalam menghadapi masalah.

8. Menghindari aktivitas beresiko

Apa saja sih aktivitas beresiko yang bisa berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh? Banyak banget loh aktivitas beresiko ini. Bahkan tak jarang, beberapa aktivitas tersebut tidak disadari oleh sebagian orang.

Contohnya saja seperti merokok, minum alkohol, mengonsumsi terlalu banyak junk food, dan sebagainya. Berbagai aktivitas tersebut bisa beresiko meningkatkan resiko gangguan saluran pernafasan dan infeksi paru, seperti pneumonia maupun bronkitis.

8 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Meminimalisir Resiko Terpapar Virus Korona

Kini, di tengah pandemi corona ini, HALODOC juga mengeluarkan fitur atau halaman khusus yaitu halaman CEK RESIKO atau tanya jawan seputar virus corona. Disini kita akan dijejali pertanyaan-pertanyaan sederhana seputar kesehatan dan kondisi fisik yang kita rasakan. Dari jawanan yang kita berikan nanti bisa disimpulkan berapa besar resiko corona yang mungkin sedang kita idap. Nggak perlu takut, lebih cepat mengetahui resiko dan gejala corona bikin kita makin cepat pula memberikan penanganan yang terbaik.

Itulah tadi 8 tips meningkatkan daya tahan tubuh yang biasa saya lakukan agar tetap sehat. Apalagi di masa mewabahnya virus korona seperti sekarang, sangat penting untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai sistem imun melemah, yang beresiko meningkatkan terjangkitnya infeksi. So, selalu lakukan yang terbaik untuk tubuhmu!

2 komentar

  1. Istirahat yang cukup ini yang berat. Udah tau sih sebenarnya. Tapi kadang keperluan mendadak, ada aja alasan buat begadang. Jadi istirahatnya kurang. Ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. contohnya sekarang ini, nggak tidur sampai saur karena nge blog, wkwkkww

      Hapus


EmoticonEmoticon