Anak Sering Demam? Berikut 7 Bahan Alami Penurun Panas Anak

Moms, pasti khawatir saat anak mengalami demam disertai pilek ataupun batuk. Apalagi anak-anak lebih sering demam akibat berbagai hal, misalnya musim pancaroba, masuk angin, atau khusus balita yang mulai tumbuh gigi atau mengalami perkembangan lain.

Source via kaltim.tribunnews.com

Demam membuat anak rewel dan malas melakukan aktifitas, tak heran banyak orang tua memilih ke dokter agar demam segera turun. Padahal moms dapat meracik bahan alami penurun panas tradisional loh, pasalnya obat-obatan nggak bagus buat pertumbuhannya jika di konsumsi terus menerus.

Bahan Alami untuk Penurun Panas Anak

Walaupun zaman modern, tetapi memberikan pengobatan pada anak harus hati-hati moms. Lebih baik menggunakan bahan alami untuk mengatasi demam karena nggak ada efek sampingnya. Intinya gunakanlah bahan alami yang dirasa sesuai usia anak moms:

1. Bawang Merah

Di dapur moms pasti tersedia barang mewah karena bahan utama saat memasak, moms bisa menggunakannya sebagai penurun panas pada anak. Bahkan banyak yang membuktikan keefektisannya loh moms karena panas turun selang beberapa menit.

Caranya pun mudah, cukup bakar bawang merah dan asem belimbing pada api kompor sekitar 1 menit. Lalu masukkan ke dalam pising dan campurkan minyak telon atau minyak kayu putih. Setelah itu balurkan ke pada tubuh anak, jika panas belum turun lakukan 2 atau 3 kali sehari.

2. Lemon Dan Madu

Campuran lemon dan madu juga ampuh mengatasi demam anak moms, selain itu kekebalan anak lebih kuat menghadapi musim pancaroba. Walaupun anak aktif melakukan kegiatan sepanjang hari tetap terjaga kesehatannya, moms dapat mencampurkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok jus lemon.

Jika anak menolak meminumnya karena di anggap pahit, bujuklah dengan bijak dan beritahu manfaat lemon dan madu. Saat anak paham dan percaya rasanya nggak pahit pasti mau meminumnya.

3. Air Kelapa

Anak-anak pasti menyukai air kelapa karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Selain itu mengandung vitamin, elektrolit dan mineral yang ampuh mengatasi dehidrasi dan menurunkan demam. Bahkan kandungannya dipercaya mengobati berbagai penyakit ringan seperti tidak nafsu makan, mencret dan penyakit ringan lainnya loh.

Moms dapat memberikan ½ gelas atau 1 gelas air kelapa muda pada anak, berikan minuman tersebut dua kali sehari. Dijamin demam cepat turun dan semangatnya kembali tinggi.

4. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya ampuh mengatasi demam pada anak loh, moms dapat memberikan minuman lidah buaya yang di rebus atau mengoleskan gel lidah buaya di kening anak. Dengan begitu buah hati merasakan sensasi segar dan nyaman, hal tersebut membuat anak bisa beristirahat.

5. Buah-buahan

Alasan anak-anak wajib mengkonsumsi buah-buahan memang sangat penting karena menjaga kesehatan dan terhindar dari demam dan penyakit ringan lainnya. Apalagi beberapa buah dapat menurunkan demam anak, yaitu buah semangka, melon, stoberi dan buah yang mengandung air lainnya.

Anak-anak pasti manut memakannya karena rasanya manis dan segar. Apalagi dapat dimakan beberapa kali sehari, jika buah hati malas karena gangguan pengecap dan lidah tidak anak, moms dapat membentuk buah menjadi bentuk lucu. Dijamin anak senang dan bersedia memakannya.

6. Jahe

Jahe pasti ada di dapur moms kan, apalagi dijadikan rempah-rempah agar makanan bercita rasa. Jahe ampuh menurunkan panas, pilek maupun batuk. Cara menggunakannya mudah, cukup di pipih atau di geprek. Setelah itu di rebus dan tambahkan madu secukupnya agar rasanya enak.

7. Kunyit

Kunyit termasuk obat-obatan tradisional yang sudah turun temurun digunakan, pasalnya mengandung zat kurkumin sebagai antioksidan. Bahkan terdapat antivirus dan antibakteri sehingga ampuh meredakan demam, moms dapat memarut 3 atau 4 batang kunyit dan tambahkan air hangat . Peras dan ambil airnya untuk diminum, agar rasanya tidak terlalu pahit tambahkan madu dan perasan jeruk nipis.

Saat anak moms demam jangan terburu-buru ke dokter ya moms. Lebih baik memanfaatkan bahan alami di rumah, pilihlah bahan alami untuk mengatasi demam anak. Jika anak masih balita perbanyaklah memberikan ASI agar daya tahannya tetap terjaga.


0 Comments

Posting Komentar